Dandim Sumenep Instruksikan Semua Babinsa Aktif Bantu Petani

20221105 104857 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Komoditi jagung tetap menjadi pilihan petani untuk ketahanan pangan yang dapat ditanam pada lahan tadah hujan pada musim tanam. Harga yang stabil ini memberi keuntungan besar bagi petani.

Terkait hal itu, Kamis (03/11/2022) kemarin, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. bekerja sama dengan PT Agri Makmur Pertiwi memberikan penyuluhan dan pembekalan kepada perwakilan Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng sekaligus perwakilan petani Desa Lenteng dan Rubaru di Aula SKB Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Adapun materi pembekalan yakni tentang produk benih jagung hibrida pertiwi 3, cara penanaman, proses pemupukan, jumlah panen dan cara atasi penyakit jagung, serta tentang hasil panen berupa pipil maupun silase.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. mengatakan, ketahanan pangan menanam jagung jenis hibrida pertiwi 3 memiliki produktivitas yang bagus, demikian juga harganya cukup bagus.

“Kalau jagung jenis ini ditanam, produktivitasnya cukup bagus. Kami saat ini menganjurkan para Babinsa dan petani menanam jagung dengan benih unggul dan dipelihara dengan baik,” ujarnya, Jum’at (04/11/2022).

“Kami saat ini langsung mendatangkan pihak dari PT Agri Makmur Pertiwi, dan langsung memaparkan terkait teknis penanaman jagung hingga masa panen agar produktifitasnya hasilnya maksimal,” imbuhnya.

Dandim menegaskan, Kabupaten Sumenep memiliki potensi sumber pangan karbohidrat yang cukup besar, namun dalam pengelolaannya dinilai belum optimal.

“Saya minta para Babinsa aktif membantu para petani, jagung yang ditanam sebisa mungkin agar dirawat, disiram dan dipupuk sehingga dapat melimpah nanti saat panen, sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup petani” tegas Dandim.

Tinggalkan Balasan