Fakta, Pesta Rakyat Hari Jadi ke-753 Sumenep Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

20221030 234651 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Demi memulihkan perekonomian pasca pandemi, serangkaian acara Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep menjadi momentum penting dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan. Ahad, 30/10

Hal itu dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat memasarkan dagangan produk UMKM di sekitar acara pesta rakyat yang diselenggarakan Pemkab Sumenep. Salah satunya Event Bupati Cup Road Race & Supermoto Open Championship 2022 di area Taman Bunga sisi Timur.

Pantauan di lokasi, event yang menjadi bagian dari serangkaian hari jadi ke-753 Kabupaten Sumenep tersebut nampak memberikan peluang bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) dan Pedagang Kaki Lima ( PKL).

“Alhamdulillah mas, serangkaian acara hari jadi ke- 753 Kabupaten Sumenep ini memberikan dampak positif untuk perekonomian. Karena kami bisa memasarkan dagangan disini,” ujar Zulaiha, pelaku UMKM disekitar lokasi Event Bupati Cup Road Race & Supermoto Open Championship 2022 .

20221030 234614 0000

Zulaiha berharap, Pemerintah Daerah terus memberikan wadah untuk pelaku UMKM agar geliat perekonomian masyarakat Sumenep bisa bangkit.

“Mudah-mudahan perekonomi masyarakat Sumenep kedepan bisa terus mengalami kemajuan,” terang Zulaiha.

Sementara itu, Halwan Yanto selaku Ketua Panitia kepada sejumlah media mengaku event Bupati Sumenep Cup Road Race & Supermoto Open Championship 2022 memang diorientasikan untuk membangkitkan perekonomian warga.

“Orientasi semua kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Daerah itu hanya untuk membangkitkan pelaku UMKM agar bisa hidup pasca pandemi yang sudah selama hampir tiga tahun lamanya mencekik perekonomian,” ujar Halaman.

Bahkan, kata Halwan, dalam pelaksanaan Bupati Sumenep Cup Road Race & Supermoto Open Championship 2022, tiket untuk menonton di gratiskan.

“Kami juga dari panitia memang menggratiskan tiket untuk penonton dan itu permintaan dari Kepala Disbudporapar kabupaten Sumenep selaku bagian dari penyelenggara event program hari jadi Sumenep,” kata Halwan. 30/10.

Sebagai putra Daerah, dirinya merasa memiiki tanggung jawab untuk memberikan sumbangsih pemikiran bagaimana kemudian perekonomian masyarakat dan  para UMKM di Kabupaten Sumenep bisa bangkit.

“Melalui hiburan rakyat inilah para pelaku UMKM bisa semakin termotivasi untuk berkreasi memasarkan produk dagangan dan usahanya. Salah satunya melalui event Sumenep Bupati Cup Road Race & Supermoto Open Championship 2022 yang sudah digelar,” ungkap Halwan, Minggu (30/10) malam.

Kendati pelaksanaan acara tersebut tidak berjalan maksimal dan diluar dugaan, Halwan optimis, satu kegiatan tidak akan mematikan kegiatan yang lain.

“Walaupun event Road Race & Supermoto Open Championship 2022 tidak berjalan sesuai ekspektasi namun kami meyakini bahwa geliat ekonomi masyarakat akan terus bangkit,” tegasnya.

Selaku ketua panitia, Halwan sebenarnya meminta agar event Road Race & Supermoto Open Championship 2022 yang sempat terkendala bisa dilanjutkan karena disana banyak para pelaku UMKM dan PKL yang sedang mencari nafkah untuk keluarga.

“Tapi demi kondisifitas, kami menghargai upaya pihak kepolisian agar tidak melanjutkan acara tersebut,” terang Halwan.

Dirinya berharap, kejadian seperti itu tidak terulang kembali dimasa masa mendatang.

“Demi kemajuan Kabupaten Sumenep, kita harus bersatu menjaga kondusifitas untuk saling bahu- membahu menumbuhkan dan membangkitkan perkonomian masyarakat,” tandas Halwan.

Tinggalkan Balasan