LD PCNU Bawean Ikuti Rakernas IX LD PBNU di Jakarta

20221026 153953 0000

Jakarta, Detikzone.net – Lembaga Dakwah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LD PCNU) Bawean mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IX Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) yang bertempat di UPT Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang berlangsung sejak kemarin, Selasa hingga Kamis (25-27/10/2022).

Agenda besar yang mengusung tema Revitalisasi Dakwah NU; Merawat Jagat, Membangun Peradaban Dunia ini, secara resmi dibuka oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

“Sekarang PBNU bekerja seperti halnya pemerintahan, sehingga semua lembaga di bawahnya harus merancang strategi untuk menciptakan kebijakan”, kata Gus Yahya.

Menurutnya, dengan demikian Lembaga Dakwah PBNU tidak perlu lagi membuat program kegiatan pengajian di kantor PBNU.

“Untuk itu kita harus buat satu strategi kebijakan untuk melakukan perkhidmatan yang lebih luas keseluruh masyarakan warga NU”, terangnya.

Sementara, KH Abdullah Syamsul Arifin, Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), menjelaskan untuk mempercepat penyampaian dakwah kepada warga NU maka strategi dakwah tidak hanya dilaksanakan secara offline tapi juga harus online.

“Tapi kita dalam dakwah harus tetap dibatasi menurut kewenangan lembaga dakwah, tentunya program-program tentang dakwah”, jelasnya

Selain itu, menurut Abdullah, untuk menyampaikan dakwah kepada warga NU yang beragam ini, perlu adanya metode khusus untuk masing-masing segmen.

“Dakwah yang saat ini masih mengunakan lisan seperti ceramah, dan lain sebagainya untuk saat ini kita sudah bisa mengunakan secara offline maupun online sesuai dengan segmentasi warga masyarakat NU yang beragam. Maka itu, untuk masing-masing sekmen ini memerlukan metode-metode sendiri, jelasnya.

Acara ini di ikuti oleh seluruh pengurus Lembaga Dakwah mulai dari Tingkat PCNU, PWNU dan bahkan PCINU dari Hongkong juga ikut berpartisipasi, serta ada juga beberapa LD PCINU yang mengikuti melalui zoom meeting. Sementara, LD PCNU Bawean mengutus Seorang Ketua (Ust. Hisyam) dan sekretarisnya (Gus Mustaen).

Tinggalkan Balasan