Kadinkop UKM dan Perindag Sumenep Komitmen Tingkatkan Sektor Ekonomi Pelaku UMKM

20221026 191240 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si mengatakan bahwa  para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep memiliki prospek perekonomian yang semakin baik.

Hal itu dikatakan saat dirinya meninjau hasil karya para pelaku UMKM peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis, di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sumenep.

“Kedepan UMKM harus lebih terus berjalan dan bergerak maju, sehingga mampu meningkatkan sektor ekonomi khususnya di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Menurutnya, Peningkatan sektor ekonomi bagi para pelaku UMKM ini, tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Temtunya para pelaku UMKM harus betul-betul dapat meningkatkan kapasitas usahanya dengan baik dan lebih maksimal. Salah satunya mampu mengelola mulai dari kualitas produksi, kapasitasnya dan sebagainya, sehingga bisa bersaing di era digital sekarang ini dengan pengawalan mentor yang handal,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya juga memberikan pembekalan bagi UMKM, selain agar memiliki kemampuan dalam manajemen pemasaran dan komunikasi bisnis, kualitas produksi juga harus diperhatikan sehingga konsumen tidak kecewa. Misalnya untuk rasa dan higinitas bagi pengusaha makanan dan minuman.

“Perlu juga diperhatikan hasil produksi harus memadai dan didukung stok bahan baku yang memadai pula, demi memenuhi kebutuhan pasar,” tandasnya. Selasa (25/10/2022).

Oleh sebab itu, Dinkop UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep menfasilitasi bagi UMKM untuk mendaftarkan merek produknya secara gratis di dinasnya. Di samping kualitas produksi dan legalitas juga perlu dengan brand yang bagus, sehingga mampu menembus pasar mulai lokal hingga nasional

Tinggalkan Balasan