Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa, DPMD Sumenep Optimalkan Peran BUMDes

20221027 231826 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep berkomitmen  untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat desa melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kadis DPMD, Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, dengan menumbuhkan perekonomian masyarakat tentunya berdampak pada kehidupan sosial yang semakin sejahtera. Karenya potensi lokal yang ada di sejumlah desa di Kabupaten Sumenep memiliki peluang untuk terus dikembangkan. Rabu (26/10/2022).

“Dengan menggerakkan roda perekonomian di desa, BUMDes diharapkan banyak memiliki dampak positif bagi masyarakat desa untuk lebih berdaya,” ujarnya.

Anwar berharap, peningkatan potensi desa melalui BUMDes terus didorong 2023 mendatang, agar desa-desa dapat tumbuh dan berkembang dengan potensi yang bisa dikembangkan di masing-masing desa. Bagaimana bisa mencari solusi usaha yang bisa meningkatkan perputaran ekonomi di desa.

“Melalui perputaran ekonomi yang lebih bagus tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal untuk lebih berdaya dan mandiri,” harapnya.

Ia membeberkan, BUMDes sudah memiliki badan hukum dengan tujuan mampu mengakomudir berbagai potensi ekonomi desa, menampung dan membuka lapangan pekerjaan di tingkat desa.

“Sehingga, hingga pada titiknya nanti akan menghasilkan desa mandiri,” tegasnya.

Anwar mengungkapkam, pada prinsipnya, BUMDes harus mampu mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas.

“Termasuk juga menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat desa hingga terlepas dari kemiskinan,” ungkapnya.

Pihaknya bersyukur, saat ini dari 330 desa di Kabupaten Sumenep sekitar 90 persen sudah terbentuk BUMDes.

“Diharapkan 10 persennya nanti segera menyusul,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan