Semarak Pamekasan Night Carnival Iringi Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke-492

jpg 20221023 141759 0000

PAMEKASAN, Detikzone.net- Event Pamekasan Night Carnival (PNC) dalam rangka memperingati Hari Hadi Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur ke 492 berlangsung spektakuler, Jum’at (21/22/2022) malam.

Para peserta Pamekasan Night Carnival yang terdiri siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN), sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN), komunitas sanggar seni dan budaya tersebut menjadi ajang menampilkan budaya, serta kearifan lokal Pamekasan dengan pakaian carnival.

Pantauan di lokasi, hadir dalam event bergengsi itu Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, Sekretaris Daerah, Totok Hartono, Ketua DPRD Pamekasan, Halili Yasin, Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah, serta forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) lainnya, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat se Kabupaten Pamekasan, dan tamu undangan lainnya.

Event Pamekasan Night Carnival (PNC) yang baru pertama kali digelar ini dipadati ribuan pengunjung.

Salah satu penampilan yang disajikan kepada pengunjung adalah batik tulis dengan design berbeda-beda hasil beberapa designer Pamekasan.

Tidak hanya itu,  kearifak lokal berupa monumen Arek Lancor, Pendopo Ronggosukowati dan kekayaan budaya Pamekasan lainnya juga ditampilkan dengan pakaian carnival.

“Pemkab Pamekasan berkomitmen bersama-sama masyarakat setelah dua tahun tidak bisa melaksanakan event-event yang mengerahkan massa besar karena pandemi covid-19, alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakannya,” ujar Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin.

Menurutnya, Pamekasan Night Carnival merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Pamekasan ke 492 tahun 2022 setelah sebelumnya menggelar pameran bonsai nasional. Peringatan hari jadi tersebut akan berlangsung dalam satu bulan ke depan dengan agenda dan event yang bermacam-macam. Termasuk Malam Kemilau Madura, Sabtu (22/10/2022) malam.

20221023 232224 0000

Wabup berharap, masyarakat dapat mengembangkan potensi daerah menjadi sumber kekuatan ekonomi baru.

“Event rangkaian hari jadi sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama event Pamekasan Night Carnival yang harapannya mampu menyedot perhatian publik dan promosi budaya Pamekasan di tingkat nasional,” ucapnya.

Fattah Jasin mengajak semua masyarakat agar menjadikan hari jadi Pamekasan sebagai momentum kebangkitan.

“Mari kita bangkit, kita tunjukkan bahwa Pamekasan Hebat mempunyai dapat perekonomian terhadap masyarakat, daya beli masyarakat dan kita sehat. Tentu, kita harus bangga menjadi orang Pamekasan,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan