Jaga Kebugaran Fisik Prajurit, Kodim 0827/Sumenep Gelar Garjas

IMG 20221021 113231

SUMENEP, Detikzone.net- Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik prajurit, Kodim 0827/Sumenep melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik II tahun 2022 di Stadion Panglegur, Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari, diikuti sebanyak 326 orang prajurit yang di dalamnya ada 22 orang prajurit yang melaksanakan UKP periode 1 April 2023.

Tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD Khususnya Kodim 0827/Sumenep sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok ke depan dapat berjalan lancar dan maksimal.

Adapun Garjas meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 Menit, dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan pull up, sit up, push up, dan lunghes durasi waktu 1 menit, serta shuttle run.Selain itu, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan dari Poskesdim 0827/Sumenep, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes Garjas.

Setelah semua tahapan selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan peregangan, serta pemanasan agar tidar terjadi kram pada saat pelaksanaan tes Garjas.

Pelaksanaan tes Garjas tersebut diawasi langsung oleh tim jasmani Korem 084/Bhaskara Jaya, yang dipimpin oleh Letda Inf Puryono selaku Pajasrem 084/Bhaskara Jaya.

“Perhatikan faktor keamanan, apabila ada masalah pada saat pelaksanaan, silahkan laporkan. Karena yang tahu kondisi kita adalah kita sendiri,” ungkap Letda Inf Puryono saat memberi arahan.

Sementara, Pjs. Pasipers Kodim 0827/Sumenep Kapten Inf Handi Tri Prawono, menekankan kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan tes Garjas dengan maksimal, karena hal ini dapat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat.

“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan, ikuti semua yang diinstruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan,” pesannya.

“Mari kita berdoa semoga pelaksanaan tes Garjas mulai dari awal hingga selesai, dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan