Bupati Tanah Laut H. Sukamta Serahkan Sertifikat Untuk rakyatnya

20221020 165358 0000

Pelaihari, Detikzone.net- Hari ini adalah hari yang sangat berbahagia sekali khususnya bagi masyarakat yang berada di dua Desa yakni Desa Babirik dengan Desa Bumi Harapan yang berada dalam wilayah Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut provinsi Kalimantan Selatan.

Pasalnya di dua desa tersebut  dapat kunjungan khusus dari M. Risqi Karsayuda selaku anggota DPR RI KOMISI 2, bersama Kakanwil ATR/BPN, Kalsel Alen Saputra, dan Kakantah Kabupaten Tanah laut Suhaimi.

Turut mendampingi Bupati Sukamta dalam rangka penyerahan sertifikat rakyat yang bertempat di halaman kantor kecamatan Bumi makmur Kabupaten tanah laut Kalsel, kemarin.

Seusai acara penyerahan sertifikat, Yuday yang juga ketua FJPKALSEL bersama 2 rekan seprofesi Jurnalis yang termasuk anggota Forum jumpa pers Kalimantan Selatan (FJPK) dari mas media yang berbeda mengomentari Bupati Sukamta yang sebelumnya sudah dihubungi lewat WA untuk janjian ketemuan di kantor pengadilan negrri Pelaihari.

Dikemukakan oleh Bupati yang juga mantan Kabag Humas beberapa tahun yang silam bahwa benar hari ini agenda acara penyerahan sertifikat untuk Rakyat di dua (2) Desa sebanyak 419 Bidang.

“Dengan perinciannya yakni untuk warga Desa pabrik sebanyak 326 Bidang dan untuk Desa Bumi harapan sebanyak 93 bidang yang sudah di sertifikatkan,” jelasnya.

Selain disaksikan oleh camat dan jajarannya juga turut hadir para kepala Desa Sekecamatan Bukit makmur.

“Adapun penyerahan ini memang disambut meriah oleh masyarakat dan program PTSL sudah menasional programnya dari presiden Jokowi langsung,” cetus Bupati Sukamta.

20221020 165325 0000

Selanjutnya, kata Sukamta berpesan pada masyarakatnya yang menerima sertifikat untuk disimpan baik baik.

“Karena ini adalah sebagai tanda sahnya secara hukum bahwa tanah bapak/ibu tersebut dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun,” jelasnya.

Ditambahkannya, ditahun 2022 ini ada 10000 (Sepuluh ribu sertipikat dan sampai saat ini sudah dibagikan lebih dari 55 persen.

“Sisanya masih dalam proses dan dalam tahun ini juga semuanya akan rampung dan untuk tahun depan pemkab Tanah laut akan menambah lagi sebanyak 15 ribu sertipikat gratis untuk masyarakat Tanah laut yang tersebar dibeberapa Desa,” pungkas Bupati Sukamta

20221020 165425 0000
Foto: Yuday bersama Bupati Tanah Laut H. Sukamta

Sementara, ditempat terpisah, yuday mengomentari Dr.Suhaimi selaku Kakantah ATR/BPN setempat .

“Saya mengapreasi atas kedatangan pak Risqi Kartayuda selaku anggota DPR RI dari komisi 2 yang bersedia datang langsung menjalani fungsinya sebagai Legislatif sosial control  ke  lapangan, khususnya Desa Babirik dengan Bumi harapan yang bertempat dihalaman kantor kecamatan Bukit makmur,” jelasnya .

Dan kepada Bupati Sukamta,  “Kami terharu sekali karena ingin sekali supaya rakyatnya dapat sertifikat gratis yang dianggarkan lewat APBD.

“Apalagi tahun depan beliau menambah dari 10 ribu menjadi 15 ribu bidang yang disertifikatkan,” beber Suhaimi yang akrab dengan insan pers.

“Kalau yang dari kuota BPN /ATR untuk masyarakat tanah laut yang dana anggaran dari pusat lewat sektor kami selaku tehnisnya sudah 90 persen berarti sisanya paling lambat bulan depan sudah bisa diserahkan kembali kepada warga tanah laut,” pungkas Suhaimi ketika ditemui dikantornya di Pelaihari kemaren Rabu 19/10/22.

Tinggalkan Balasan