Sebanyak 611 Atlet Hadiri  Kejuaraan Shorinji Kempo Bupati Kupang II

20221017 080754 0000

OELAMASI, Detikzone.net- Kejuaraan Shorinji Kempo antar Dojo terbuka memperebutkan piala bergilir Bupati Kupang II yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022 di aula serbaguna Gereja Elim Naibonat resmi berakhir.

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari, diakhiri dengan ceremonial penutupan yang dihadiri oleh Ketua Perkemi Kabupaten Kupang, 611 atlet, panitia penyelenggara, sejumlah wartawan, dan sejumlah shimpai dari masing-masing Dojo. Selanjutnya dengan pembacaan peserta kejuaraan lomba, pembagian penghargaan berupa medali dan sertifikat kejuaraan, Minggu, 16 Oktober 2022.

Kejuaraan ini digelar dengan mengikutsertakan 611 alet yang berasal dari 24 kontingen dan perwakilan dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Sikka, dan Kabupaten Rote Ndao.

Kelas yang dipertandingkan terdiri dari medali emas sebanyak 78 keping, medali perak sebanyak 75 keping, dan medali perunggu sebanyak 99 keping. Sedangkan kelas yang telah dipertandingkan secara keseluruhan berjumlah 78 kelas atau nomor dengan pembagian yaitu, kelas randori atau perkelahian bebas sebanyak 34 nomor dan kelas embu atau kerapihan teknik sebanyak 45 nomor.

Ketua Perkemi Kabupaten Kupang, Yos Lede ketika ditemui sejumlah awak media sehabis ceremonial penutupan mengatakan bahwa setelah kita sukses menyelenggarakan kejuaraan shorinji kempo Bupati Cup II, tantangan terbesar adalah kita menunggu Porprov yang akan dilaksanakan pada 12 November mendatang.

“Jadi kita melihat bahwa hari ini kita sudah mendapatkan banyak atlet-atlet yang sudah teruji dan yang berprestasi akan kita ikutsertakan dalam kegiatan Porprov dan selanjutnya kita berharap bahwa hari ini perhatian pemerintah sangat serius, bagaimana memotivasi olahraga,”ujar anggota DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi Gerindra.

“Kita punya perencanaan ke depan sesuai apa yang disampaikan Bupati Kupang pada waktu sambutan bahwa tahun depan kita akan awal, sekitar bulan juni kita sudah bisa melaksanakan kejuaaran Shorinji Kempo Bupati Cup III yang harapannya kita tidak hanya bertanding antar Dojo tetapi kita akan mengundang perwakilan-perwakilan seperti NTB, Bali, dan Timor Leste sehingga meningkatkan kualitas pertandingan,” ucapnya.

Bupati Kupang Cup III ke depan ini bukan saja antar sesama Dojo di Kabupaten Kupang maupun Kota Kupang tetapi kita mengundang setiap Pencab di NTB, Bali, dan Timor Leste.

“Kita mempunyai perencanaan bahwa kualitas daripada pertandingan itu lebih meningkat agar kita mendapatkan atlet-atlet yang sudah teruji. Hal ini juga dalam rangka seleksi menuju Pra PON dan PON,”jelasnya.

“Bukan saja Dojo di Tarus, dan saya pikir Tarus sebagai inovasi baru untuk kita menambah Dojo-Dojo di Kabupaten Kupang sehingga menjadi suatu kompetisi yang bagus dalam rangka pembinaan kepada atlet-atlet yang ada di Kabupaten Kupang,”katanya ketika disinggung mengenai prestasi paling banyak dari Dojo Tarus.

“Harapan kami dengan adanya kompetisi dan pembinaan seperti ini mampu melahirkan atlet-atlet Kempo yang bukan saja berbicara ditingkatan Kabupaten Kupang, melainkan berbicara ditingkat lebih tinggi seperti Provinsi dan Nasional,” ungkapnya.

20221017 080853 0000

Pihaknya mendorong sehingga pembinaan-pembinaan seperti di Tarus dan di beberapa tempat itu semakin hari semakin insentif dalam latihan maupun disiplin, jadi kita melihat itu sejujurnya sudah ada perhatian lebih dari pemerintah, untuk itu, kami akan mendorong bahwa perhatian ini bukan hanya sebatas kejuaraan tetapi pembinaan dan penghargaan terhadap atlet yang berprestasi.

“Kemarin saya sudah katakan kepada pak Bupati bahwa kita tidak cukup saja pada kejuaraan tetapi kita akan fokus pada bagaimana menyiapkan anggaran yang disahkan oleh pemerintah melalui KONI untuk pembinaan sekaligus memberikan penghargaan kepada atlet-atlet yang berprestasi. Jadi, inilah bentuk-bentuk perhatian pemerintah ke depan supaya atlet-atlet yang berprestasi bisa diperhatikan masa depannya, itu yang paling utama sebenarnya,” bebernya.

Pantauan Wartawan, atlet-atlet dari berbagia Dojo yang menyabet juara sangat bergembira ketika namanya dibacakan sebagai juara dalam pertandingan bergengsi ini. Turut gembira para Shimpai, orangtua, dan sejumlah penonton.

 

Penulis: Yuven Bria

Tinggalkan Balasan