Sekdaprov Jatim Hadiri Grand Final Karapan Sapi Piala Presiden

Jatim, Detikzone.net- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, menghadiri Grand Final Karapan Sapi Tradisional yang memperebutkan piala bergilir Presiden RI dalam rangka Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim, di Lapangan Stadion Karapan Sapi RP Moch. Noer Kabupaten Bangkalan, Minggu (16/10/2022).

Adhy menuturkan, Karapan Sapi merupakan hasil budaya dan seni yang eksotik serta warisan leluhur masyarakat Madura untuk meningkatkan kegembiraan serta hiburan setelah panen padi. Sekarang semakin membanggakan dan akan mengangkat martabat pemilik sapi di masyarakat, maka perlu dilestarikan.

“Kita semua harus bersama-sama berpartisipasi agar kegiatan Karapan Sapi ini menjadi suatu tontonan yang menarik, unik, dan layak dijual kepada wisatawan mancanegara sehingga menjadi pemicu peningkatan kunjungan wisata, perekonomian, dan kesejahteraan. Selamat berlomba, laksanakan dengan sportif dan bertanggung jawab,” lanjut Sekda Adhy.

Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan, M. Gunawan Saleh melaporkan, kegiatan ini diikuti oleh pemenang Karapan Sapi hasil seleksi tingkat kabupaten se-Madura tahun 2020 yang tertunda selama 2 (dua) tahun karena Covid-19. Ada sebanyak 24 pasang sapi dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep, masing-masing sebanyak 6 pasang.

“Ada tambahan persyaratan yang harus dipenuhi Peserta Karapan Sapi yaitu mendapat rekomendasi dari pejabat otoritas veteriner, surat kesehatan hewan, dan surat keterangan vaksin, minimal vaksin ke-1. Jadi ini semua sudah memenuhi syarat dan layak mengikuti lomba,” terangnya.

Ia pun menuturkan, kegiatan ini digelar untuk melestarikan seni budaya di Pulau Madura dan sebagai upaya mengisi kalender wisata tahunan dalam mengembangkan budaya daerah dan pariwisata Jawa Timur.

“Tak hanya itu, ini juga memberikan peluang kepada pelaku bisnis dalam memberdayakan ekonomi dan meningkatkan ekonomi masyarakat Madura sehingga bisa mendukung Optimis Jatim Bangkit lebih cepat,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan