Launching Pertashop Bumdes Bunga Desa, Bupati Fauzi Ajak Semua Kades Berinovasi

20221013 215251 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Sebagai ikhtiar mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H Launching Pertashop BUMDES “Bunga Desa” di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan. Kamis (13/10/2022).

Pemegang tongkat estafet kepemimpinan Sumenep tersebut menekankan agar
BUMDes mampu mengelola dan mengembangkan potensi desa.

“Kami harapkan BUMDes bisa berkembang sebagai wadah pengembangan ekonomi desa, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus Pendapatan Asli Desa (PADes),” kata Bupati Sumenep kepada sejumlah wartawan.

Menurut keponakan MH. Said Abdullah ini , BUMDes merupakan penguatan terhadap ekonomi desa.

“Tentunya dengan memanfaatkan ragam jenis potensi di setiap desa,” bebernya.

Bupati yang baru saja mendapatkan Reward berharga dari Gubernur Jawa Timur ini menguraikan alasan dan tujuannya mendirikan BUMDES Bunga desa tersebut.

“Seyogyanya, Salah satu tujuan pendirian BUMDes adalah meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,” tuturnya.

20221013 215217 0000

Sosok yang digadang gadang layak memimpin Jatim ini mengajak semua Kepala desa berinovasi dan lebih termotivasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang dipimpinnya

“Kepala desa jangan ragu atau malu untuk belajar kepada desa lain yang telah mampu mengembangkan BUMDes, bahkan kepala desa segera membentuk BUMDes apabila belum mendirikannya,” ucapnya.

Patut diketahui, dari 330 desa, sebanyak 310 Bumdes sudah terbentuk.

“Yang sudah melakukan input pada data desa center sebanyak 293 BUMDes dengan diklasifikasikan menjadi 130 BUMDes pemula, 144 BUMDes berkembang dan 29 maju,” ulasnya.

Tinggalkan Balasan