Kosmetik AF Cream Racikan Tanpa Ijin Edar BPOM, APH Tutup Mata

20221012 125448 0000

Makassar, Detikzonenet– Produk kecantikan berupa kosmetik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Tidak heran bila permintaan produk-produk kosmetik semakin meningkat dan semakin bervariasi tiap tahunnya. Penjualan yang sangat menguntungkan dan target pasar yang luas mengakibatkan maraknya produk kecantikan yang beredar di pasar dengan berbagai fungsi dan manfaat.

Namun, perlu diketahui bahwa memproduksi dan menjual produk kosmetik tidak bisa sembarangan. Rabu, 12/10/2022.

Menurut Pasal 1 angka 4 Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan (selanjutnya disingkat UU Kesehatan), kosmetik termasuk ke dalam jenis sediaan farmasi. Kosmetika Berdasarkan Pasal 1 angka 1 Penjelasan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan farmasi dan Alat Kesehatan.

Izin edar yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertujuan untuk melindungi masyarakat dari produk kosmetik berbahaya.

Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).”

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa produk kosmetik yang diproduksi dan diedarkan tanpa izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM merupakan pelanggaran hukum. Sedangkan bagi para pelaku usaha yang mengedarkan dan/atau memproduksi produk kosmetik tanpa izin edar, dapat dipenjara selama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp.1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah)

Abel owner AF cream saat di konfirmasi media ini melalaui via tlp what shapp mengatakan Produk cosmetik AF Cream ada yang berBPOM dan ada juga yang tidak berBPOM produk kami tidak semua berBPOM, soal nya biasa orang kadang cocok yang nerBPOM dan kadang cocok yang racikan sebentar ya pak saya masih di Surabaya “ucapnya

Mau lagi di terbitkan lagi di media ada juga yang tidak berBPOM di tanya soal boleh atau tidak nya cosmetic yang tidak memiliki ijin edar BPOM saya kurang tau juga pak, saat itu juga hp milik nya di matikan.

Tinggalkan Balasan