Optimalkan Pelayanan Publik, Diskominfo Jatim Sediakan Metadata Sektoral

20221006 162810 0000

Jatim, Detikzone.net- Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berkomitmen mengoptimalkan pelayanan publik. Salah satunya melalui penyediaan data dan metadata pada portal Satu Data Jatim.

Hari ini (6/10/2022) di AMG Tower Surabaya, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menggelar Rapat Koordinasi dan Desk Pemenuhan Metadata Sektoral 2022.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono mengatakan petugas data memiliki peran yang penting dan strategis bagi sebuah instansi.

“Pelaksanaan pemerintah harus dilaksanakan secara terbuka, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan. Salah satunya dengan penguatan SPBE dan Sata Jatim,” ujarnya.

Hudiyono pun menggarisbawahi pentingnya komitmen bersama dalam perwujudan satu data.

“Ini bukan hanya tanggung jawab Diskominfo, BPS, dan Bappeda, tapi seluruh elemen strategis di Jawa Timur. Harus ada sistem yang saling menguatkan karena data adalah bagian mendasar dan penting untuk arah kebijakan Jatim,” lanjutnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Statistik, Nirmala Dewi menjelaskan kegiatan ini dihadiri oleh 1 (satu) orang verifikator dan 1 (satu) orang operator portal SATA Jatim di lingkungan Pemprov Jatim sejumlah 116 orang.

“Mereka membawa daftar data yang telah memenuhi klasifikasi data terbuka. Ini disediakan 4 desk yaitu rumpun ekonomi, rumpun sosial, rumpun infrastruktur wilayah, dan rumpun kesehatan,” terang Dewi.

Pembahas desk yang hadir yaitu 4 (empat) orang dari Diskominfo Jatim selaku walidata, 4 orang dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim selaku pembina data, dan 4 orang Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim selaku koordinator data.

Sebagai informasi, metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan atau dikelola

 

Tinggalkan Balasan