Optimis, Proyek Revitalisasi Sungai Handil Bakti ke Mandastana Rampung Sebelum Masa Kontrak Berakhir 

20221004 085729 0000
Foto: Rombongan cConsultan dan Komisi III DPRD Kalsel

Handil Bakti, Detikzone.net-Proyek Revitalisasi sungai sepanjang 60 km, yang dikerjakan oleh PT.Sinar mustika prima sudah hampir rampung.

Proyek Revitalisasi pendalaman sungai ini akan memberikan dampak positif terhadap pertanian dan mencegah akan terjadinya Banjir seperti tahun 2021 yang silam.

Saat media ini melakukan konfirmasi, pihak Contraktor H.Mukriansyah yang akrab disapa H.muhri, di lokasi proyek di Handil Bakti Senin tgl 3 Oktober 2022 kemaren, mengatakan bahwa mengenai progress kemajuan fisik dari proyek ini sudah mencapai hampir 90 persen.

“Proyek Revitalisasi sungai ini dari panjangnya 60 km sudah mencapai 50 km yang telah dikerjakan berarti masih tersisa 10 km lagi,” cetusnya H.Muhri

Namun yang menjadi kendala, kata dia, sebagai contraktor pelaksana di lapangan yakni, banyaknya jembatan-jembatan mencapai 50 jembatan bahkan masih ada tanah masyarakat yang bersertifikat sampai ke jalan yang belum ada pergantian oleh pemerintah.

“Sedikit kendalanya lagi yakni tempat pembuangan tanah bekas galian tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, mau tidak mau, kiri kanan bahu jalan tanah tersebut diratakan.

“Phak kami sebagai pelaksana proyek ini, tanah tersebut diratakan dijadikan badan jalan, lebihnya, kami berikan kepada yang meminta yang bersifat sosial untuk halaman masjid, Langgar dan juga bagi masyarakat yang meminta untuk menimbun halaman pekarangan rumahnya,” tukasnya

“Dan mengenai BBMnya untuk 8 Alat berat Excapator yang kami turunkan tidak ada masalah karena kami membeli minyak BBM Industri ,” beber H.Muhri dengan didampingi oleh pengawas lapangan yang bernama Murjani.

Komentar lain yang awak media ini konfirmasi yakni Hasanuddin Murad, yang saat ini duduk dikomisi 3 DPRD Propinsi Kalimantan Selatan bersama Fahrin Nizar dalam rangka kunjungan komisinya terkait dengan proyek pendalaman sungai sepanjang 60 km.

 

 

20221004 085631 0000
Foto: H.Muhri & H.Ahmadi ST. Satker Balai Rawa

Saat dikonfirmasi oleh Yuday, ketua Forum jumpa pers Kalimantan Selatan (FJPK) pihaknya mengatakan bahwa ini proyek selain bermanfaat untuk pertanian  juga untuk mengatasi banjir dan memperindah Jalan menuju Kota Marabahan dan bisa dijadikan taman rekreasi untuk masyarakat.

“Seperti banyaknya masyarakat yang memancing di sepanjang sungai ini bukan hanya dihari hari libur tapi juga dihari kerja. Kita optimis bahwa proyek ini akan rampung sebelum masa kontrak pekerjaannya berakhir apalagi saat ini tinggal tersisa kurang lebih 10 km saja lagi,masih ada waktu kurang lebih 3 bulan lagi,” pungkas Hasanudin Murad, putra Marabahan, mantan Bupati Barito Kuala Kalimantan selatan 2 periode.

Selain komentar H.Muhri dengan Hasanudin Murad, awak media ini juga mengomentari dari pihak SATKER Balai rawa PUPR Bernama Ahmadi ST.

20221004 085809 0000
Foto: Yuday bersama H.Hasanudin Murad, Anggota komisi III DPRD KALSEL

Ahmadi ST berharap pada pihak kontraktor yang mengerjakan proyek ini agar sesuai dengan Bestek dan Speck.

“Semoga dapat dikerjakan sesuai dengan Bestek dan spect yang telah dibuat dan rampung sesuai dengan jadwal pekerjaan batas masa kontraknya,” harapnya.

Kata dia, proyek tersebut adalah salah satu proyek raksasa.

“Karena ini adalah salah satu proyek  Raksasa yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. Memang harus sesuai dengan hajad hidup orang banyak, yakni ingin saluran air menjadi lancar masuk areal persawahan apalagi Kabupaten Barito Kuala merupakan lumbungnya pangan Kalsel dan 120 ribu hektar adalah lahan pertanian.

“Dengan adanya proyek ini tentu akan memberikan nilai lebih bagi masyarakat selain itu proyek pendalaman sungai ini untuk mengatasi musibah banjir yang menyeluruh seperti tahun 2021 yang lalu semoga tidak terulang kembali,”
Harap Ahmadi ST.

Tinggalkan Balasan