Aktivis Kaki Minta Kapolri Copot Kapolda Jatim 

jpg 20221003 235227 0000

JAKARTA, Detikzone.net – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat imbas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim). Selain Kapolres, sejumlah perwira Satuan Brimob Polda Jatim juga dicopot.

“Melakukan penonaktifan jabatan Danyon (komandan batalyon), Dankie (komandan kompi) dan Danton (komandan pleton) Brimob sebanyak 9 orang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Polres Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022).

Dedi menyebut Propam masih melakukan pemeriksaan internal hingga malam ini.

“Semuanya masih dalam proses pemeriksaan oleh tim malam hari ini,” imbuh dia.

Berikut 9 anggota Brimob Polda Jatim, termasuk sejumlah perwira, yang dicopot imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang:

(1). AKBP Agus Waluyo SIK (danyon)
(2). AKP Hasdarman (dankie)
(3). Aiptu Solikin (danton)
(4). Aiptu Samsul (danton)
(5). Aiptu Ari Dwiyanto (danton)
(6). AKP Untung (dankie)
(7). AKP Danang (danton)
(8). AKP Nanang (danton)
(9). Aiptu Budi (danton).

Sebelumnya Dedi mengumumkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.

Pencopotan jabatan kapolres itu buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang,” kata Irjen Dedi.

Berkenan dengan itu, Moh Hosen Aktivis Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) meminta dengan hormat kepada Kapolri jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mencopot Kapolda Jatim Irjen Po Nico Afinta dari jabatannya karena dinilai sudah tidak mampu menjaga Kamtibmas wilayah Jawa timur.

“Jika Kapolda Jatim tidak dicopot maka bapak kapolri dinilai tebang pilih dalam menegakkan hukum dan kepolisian Presisi hanya berbentuk slogan saja,” jelasnya.

“Saya meyakini, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dan 9 Komandan Brimob Polda Jatim yang dicopot tersebut tentunya ada koordinasi dengan Kapolda Jatim selaku pimpinannya menjelang pertandingan Laga Arema Vs Persebaya,” Pinta Aktivis KAKI, Senin (03/10/2022).

Penulis :

Tinggalkan Balasan