HUT ke-77 TNI, Pameran Alutsista di Gelar di Anjungan Pantai Losari

Makassar, Detikzone.net – Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), didampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), Pangdivif-3/Kostrad diwakili oleh Kasdivif Brigjen TNI Susilo, Pangkoopsud II Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., CIQaR., Danlantamal VI Kolonel Mar Amir Kasman, S.E., M.M., beserta unsur Forkopimda Sulsel, Kota Makassar, Kab. Gowa dan Kab. Maros serta pejabat TNI Polri di Makassar, secara resmi membuka pelaksanaan Pameran Alutsista dalam rangka HUT ke-77 TNI Tahun 2022, bertempat di Anjungan Pantai Losari Makassar. Jumat, (30/09/2022).

Pameran Alutsista ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT TNI ke-77 Tahun 2022 yang akan dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 30 September sampai dengan 4 Oktober 2022.

Selain Pameran juga akan dilaksanakan doa bersama, ziarah ke TMP, donor darah, stunting, anjangsana di panti asuhan, besuk anggota yang sakit, pembagian sembako, off-road dirangkaikan kegiatan ketahanan pangan, jalan santai, golf, karnaval alutsista dan syukuran serta acara puncak upacara peringatan HUT yang akan dilaksanakan di lapangan Karebosi.

Pangdam pada kesempatan ini mengatakan bahwa pameran ini sengaja di gelar di pantai Losari karena taman ini merupakan icon Pemkot Makassar.

“Ini sengaja dilaksanakan disini karena Pantai Losari adalah icon Kota Makassar, masyarakat makin banyak yang ikut menyaksikan bahkan bisa mengedukasi, syukur-syukur ada nilai cinta yang lebih terhadap NKRI dan ini juga selaras dengan tema kita bahwa TNI ADALAH KITA,” Ungkapnya.

“Di sini semuanya kita tampilkan mulai dari Angkatan Darat, Laut dan Udara, jadi semua kita kumpul, kita gelar di sini biar masyarakat tau,” Sambungnya.

Lebih lanjut Jenderal bintang dua ini menuturkan bahwa “TNI juga rakyat, apa yang kita lakukan ini untuk rakyat semua dari rakyat, biar rakyat juga tau bahwa ini Alutsista TNI, biar mereka juga bangga dan harapan kami juga bisa mengedukasi dan mereka juga bangga bahwa TNI juga punya alat yang bagus,” Tambahnya.

Gubernur Sulsel H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T., yang turut hadir pada acara tersebut dalam sambutannya menuturkan bahwa dirinya tidak pernah ragu dengan alat tempur milik TNI dan yang menjadi pertahanan paling kuat adalah TNI manunggal dengan rakyat.

“Saya tidak pernah meragukan alat tempur kita, dulu saja melawan penjajah menggunakan bambu runcing bisa menang lawan penjajah, sekarang di bekali alat yang canggih, sehingga TNI bisa canggih 1.000 kali lipat dapat menaklukkan mereka, karena saya yakin mental TNI manunggal rakyat artinya ada TNI yang selalu berbaur dengan rakyat dan itulah pertahanan yang paling kuat kita,” Tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat bisa melihat dan juga mungkin ada adik-adik bisa melihat untuk menumbuhkan semangat dan hari ini kebetulan bertepatan dengan 30 September, hari bersejarah bagi TNI,” Tambahnya.

Walikota Makassar Danny Pomanto disaat membuka secara resmi pelaksanaan Pameran mengaku terhormat bisa berdiri dengan pimpinan TNI dan Polri.

“Terhormat rasanya bisa berdiri dengan pimpinan TNI dan Polri terutama dalam rangka HUT TNI ke-77, terlebih lagi sebuah slogan TNI ADALAH KITA, sebuah tekad bahwa TNI selalu dekat dengan rakyat,” Ungkapnya.

“Sebagai penanggungjawab Kota ini izinkan kami mengucapkan terimakasih pada momen ulang tahun kali ini atas nama rakyat Kota Makassar mengucapkan terima kasih kepada Pangdam dan jajaran TNI dan tentunya dengan Polri yang bersatu padu menjaga Kota ini, menjaga bangsa terutama pada saat masa yang susah, pada masa pandemi sehingga kita bisa menjadi kondisi yang lebih baik daripada negara-negara dunia, selamat ulang tahun kepada TNI yang begitu dicintai oleh rakyat, TNI adalah kita, TNI adalah rakyat, TNI selaku menjadi idaman rakyat,” Sambungnya.

Insha Allah di ulang tahun yang ke-77 ini, katanya melanjutkan, TNI akan selalu menjadi bagian penting bagi rakyat di seluruh Indonesia dan khusus bagi masyarakat Makassar akan dapat sajian untuk melihat teknologi persenjataan baik yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Laut, Udara dan Kepolisian.

Di akhir sambutannya Danny Pomanto menghimbau kepada anak-anak sekolah untuk datang ke lokasi Pameran guna memberi inspirasi terutama bagaimana TNI menjaga NKRI, menjadi bagian dari harga mati bagi semua.

Tinggalkan Balasan