Tentang Bahaya Narkoba dan Cyber Bullying, Mahasiswa UMM Gelar Edukasi di UPT 383 Gresik

20220928 201446 0000 e1664372362612

Tambak, Detikzone.net – Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dilakukan oleh kelompok 79 gelombang 7 yang beranggotakan 5 orang mahasiswa dengan Bapak Havidz Ageng Prakoso, S.IP, M.A sebagai pembimbing.

Kegiatan yang mengusung program edukasi ini diadakan di UPT 383 Gresik (Desa Tanjungori, Kecematan Tambak, Pulau Bawean) pada tanggal 22 Agustus sampai dengan 22 September 2022.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Program yang dilakukan oleh kelompok 79 ini dilakukan guna untuk meningkatkan serta memberi pemahaman kepada siswa dan siswi UPT 383 Gresik terkait bahaya narkoba dan Cyber Bulliying serta pentingnya literasi dan sanitasi. Dalam menjalankan tugasnya, Mahasiswa UMM yang tergabung dalam kelompok 79 ini tidak hanya menjalankan Program kerjanya saja tetapi juga ikut membantu guru-guru UPT 383 Gresik untuk mengajar dalam semua bidang mata pelajaran.

Dalam menjalankan program kerja, Mahasiswa UMM kelompok 79 gelombang 7 ini, awalnya melakukan sosialisasi dengan kepala sekolah UPT 383 Gresik untuk menjalankan program kerja tersebut.

Setelah melakukan sosialisasi tersebut, dilanjutkan dengan melakukan pendekatan dengan siswa siswi di UPT 383 Gresik guna membuat ikatan antara mahasiswa dan siswa/siswi agar lebih dekat sehingga menjalankan program kerja tersebut terlaksana dengan lancar.

Tidak hanya menjalankan program kerja dan mengajar siswa/siswi tersebut, kelompok 79 gelombang 7 PMM tersebut juga membina siswa/siswi tentang bagaimana menjalankan upacara.

Akibat dari pandemi yang terjadi pada beberapa tahun lalu, siswa/siswi UPT 383 Gresik mengalami kendala dalam menjadi petugas upacara yang dilaksanakan setiap hari Senin.

Maka dari itu, kelompok 79 gelombang 7 PMM bersama-sama membantu guru-guru dari UPT 383 Gresik untuk membina dan mendidik siswa/siswi untuk menjadi petugas upacara yang lebih baik.

Kelompok 79 gelombang 7 pada kegiatan PMM tersebut tidak hanya mengajarkan teori dari program kerja yang telah disusun, tetapi juga mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari oleh siswa dan siswi UPT 383 Gresik, seperti melakukan gotong royong untuk membersihkan sekolah pada setiap hari Jumat serta senam pagi yang dilakukan setiap hari Sabtu.

Kelompok 79 gelombang 7 juga mengadakan Games berhadiah untuk siswa/siswi untuk membangun rasa percaya diri siswa/siswi yang dimulai dengan cara berani menjawab pertanyaan dan mendekatkan diri kepada siswa/siswi di Tempat tersebut.

Pada penutupan program PMM ini, pihak UPT 383 Gresik mengadakan acara di hari terakhir berupa penampilan tari dari siswa/siswi di UPT 383 Gresik.

Tidak hanya menampilkan beberapa tarian, guru serta mahasiswa juga mengadakan acara “syukuran” dengan tumpengan dan makan bersama di Pantai Celong. Para siswa dan siswi juga memberikan hadiah perpisahan serta surat yang berisikan pesan dan kesan kepada para mahasiswa yang telah mengajar selama 1 bulan di Pulau Bawean.

Tinggalkan Balasan