Ketua AMM Tanggapi Vonis Bebas 4 Terdakwa Narkotika, 1 Diantaranya Oknum Polisi

20220926 222019 0000

Pangkep, Detikzone.net- Pengadilan Negeri (PN) Pangkep, memvonis bebas 4 terdakwa Narkotika, 1 diantaranya anggota Polri yang bertugas di Polres Pangkep.

Terdakwa masing masing bernama Adi Saputro, oknum anggota Polri Polres Pangkep , Muhammad Ashar, Nada sharena dan Saenal.

4 terdakwa tersebut divonis bebas oleh Hakim pengadilan Negeri Pangkep, Jumat. 23/09/2022.

Jaksa penuntut umum Akhmad Putra Dwi.SH saat memberikan keterangan ke media ini membenarkan pembebasan tersebut

“Ya, sidang kemarin hakim memvonis bebas terhadap 4 terdakwa Narkotika,” ujarnya.

Menurut dia, putusan majelis hakim pada persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Pangkep tersebut tidak sesuai dengan pasal yang diterapkan terhadap terdakwa, yaitu Pasal 114 Ayat (2) dan Pasal 112 Ayat (2).

Dalam hal ini, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut terdakwa 5 tahun penjara dan denda Rp 8 Ratus juta

“Pertimbangan hakim tidak sesuai dengan tuntutan JPU tersebut sehingga 4 terdakwa 1 anggota Polri, Polres Pangkep yang ditangkap dengan barang bukti 2 saset sabu-sabu dan 600 butir daftar G berlogo Y ini divonis bebas oleh majelis hakim,” jelasnya

“Yang lebih anehnya lagi, agenda sidang selalu di tunda tunda ” Di tunda sampai 1 bilang sebanyak 5 kali,” ucapnya mengulas.

Padahal, kata dia, sesuai dengan ketentuan Pasal 182 KUHAP, majelis hakim harus menyelesaikan seluruh tahapan persidangan terlebih dahulu.

“Baru melakukan musyawarah dan memberikan vonis terhadap terdakwa,” ungkapnya.

“Kami akan melakukan kasasi ke MA. ” ungkapnya.

Ketua Aliansi Mahasiswa Makassar (AMM) Rahmatullah Ini sangat sangat Memprihatinkan Hukum di negeri ini yang sangat kaget dengan Putusan Hakim yang memvonis bebas terdakwa kepemilikan Sabu-sabu dan 600 butir obat berlogo Y.

“Kami meminta tiga hakim itu hadir untuk bisa memberikan penjelasan kepada publik, secara logika orang yang memiliki, menyimpan sabu adalah satu diantaranya polisi dan 3 lainnya masyarakat sipil itu tidak dikasih sanksi sangat luar biasa,” tukasnya.

“Kami akan melakukan aksi unjuk rasa di depan PN Pangkep dan meminta Untuk hakim tersebut untuk dipecat karna Putusan kami anggap Sangat Diluar dari Koridor hukum yang ada di indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan