Polsek Kangean Amankan Pengedar Pil Logo Y

20220918 125855 0000

Sumenep, Detikzone.net- Polsek Kangean, Polres Sumenep, Polda Jatim terus menunjukkan komitmennya dan berupaya memberantas barang dan obat obatan terlarang . Ahad, 18/09

Setelah, gencar mengungkap peredaran Narkotika jenis Sabu di wilayah Hukumnya hingga berbagai reward didapat, Kapolsek Kangean IPTU Agus Sugito, SH mengerahkan anggotanya untuk mengamankan pelaku pengedar obat keras jenis Pil Logo ‘Y’ bernama Ahmad Kafila, (25) warga Desa Sambakati, Kecamatan Arjasa.

Kasi Humas Polres Sumenep mengatakan, penangkapan tersangka oleh petugas Polsek Kangean tersebut dilakukan pada hari kamis tanggal 15 September 2022.

“Polsek Kangean mengamankan pengedar Pil haram tersebut di dalam kamar rumah tersangkaa pada pukul 01.00 wib dini hari,” ungkap Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Senior Polwan Polres Sumenep ini mengungkapkan bahwa barang bukti yang berhasil disita Petugas yakni
29 plastik klip masing-masing berisi 10 butir obat keras jenis Pil Logo “Y”.

“Selain itu, petugas juga mengamankan
1 unit HP merek Realmi warna biru muda dan uang tunai sebesar Rp. 770.000,- (tujuh ratus tujuh puluh ribu rupiah),” ungkap Widi

Lebih jauh, AKP Widiarti mengurai Kronologis kejadian penangkapan tersebut .

“Penangkapan berawal pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 pukul 23.00 Wib, saat anggota Polsek Kangean melaksanakan pengamanan pertunjukan orkes dangdut dan mengamankan seseorang yang kemudian mengaku bernama Firman yang diduga sedang dalam pengaruh obat-obatan. Setelah dilakukan interograsi kemudian Firman mengaku bahwa telah mengkonsumsi Pil Logo Y yang dibelinya dari tersangka Ahmadukl Kafila,” ujarnya.

Mendapat informasi tersebut, lanjut Widi, kemudian pada hari Kamis tanggal 15 September 2022 sekira pukul 01.00 WIB petugas melakukan pengembangan dan mengamankan tersangka disebuah warung.

“Setelah diinterograsi kemudian mengaku secara terus terang bahwa benar dirinya telah menjual Pil Logo Y kepada Firman tersebut dan tersangka pun dibawa kerumahnya dan dilakukan penggeledahan kemudian ditemukan semua barang buktinya,” jelasnya.

Kata Widi, tersangka beserta barang buktinya kini telah diamankan dan dibawa ke Kantor Polsek Kangean.

“Sudah diamankan ke Mapolsek Kangean untuk pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Sekedar informasi, bahwa berdasarkan keterangan saksi-saksi dan tersangka serta BB yang disita, juga persesuaian antara keterangan saksi-saksi dan BB, sehingga tersangka cukup bukti melakukan tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memiliki izin edar atau yang dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standard, dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 dan/atau pasal 196 UU. RI. Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan sebagaimana diubah dalam Pasal 60 angka 10 UU. RI. Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Tinggalkan Balasan