Wujudkan Gresik Mandiri, Pemerintah Rencanakan Program PKH Inklusif

20220917 113048 0000

Tambak, Detikzone.net – Sebagai upaya mewujudkan Gresik baru yang mandiri, Sejahtera, Berdaya saing dan Berakhlakul Karimah, Pemerintah Kabupaten Gresik Melaunching GRESIK SEGER sebagai bagian dari pelaksanaan program Nawa Karsa, melalui Forum Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Program Keluarga Harapan (PKH) Inklusif, oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik. Kali ini bertempat di Pendopo Kecamatan Tambak, Jum’at (16/09/2022).

Bustami Hazim, Komisi IV DPRD Kabupaten Gresik, menjelaskan PKH Inklusif ini merupakan program pemerintah Kabupaten Gresik yang tertulis dalam Perbup Nomor 47 tahun 2022.

“Jadi, PKH Inklusif ini merupakan program pemerintah dari kabupaten yang sudah ada Perbup-nya, tetapi belum diketok. Tapi sudah ada draftnya dan memungkinkan itu yang akan menjadi dasar nanti saat pelaksanaan PKH Inklusif ini. Dan hal ini akan dilaksanakan pada bulan ini hingga empat bulan kedepan”, jelasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa tidak semua kecamatan yang mendapatkan prioritas dalam pelaksanaan PKH Inklusif ini. Sementara di Bawean hanya Kecamatan Tambak.

“Kecamatan Sangkapura masih belum karena soal kelengkapan data. Dan 5 Kecamatan lainnya ada di daratan Gresik. Sedangkan nominal yang akan menerima program ini sebesar Rp500.000 per KPM hingga empat bulan kedepan”, terangnya.

Tidak jauh halnya yang disampaikan Lutfi Dhawam, Komisi III DPRD Kabupaten Gresik, ia menyampaikan PKH Inklusif sesuai dengan program Nawa Karsa Bupati Fandi Akhmad Yani. Kebijakan itu tertuang dalam peraturan daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Program baik yang telah tertuang dalam Perda RPJMD ini dibuat dalam rangka perluasan cakupan warga miskin yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), namun tidak pernah mendapat bantuan apapun,” paparnya.

20220917 113132 0000 1

Sementara, Muhammad Nursyamsi, Camat Tambak, menyampaikan banyak sekali bentuk bantuan yang disalurkan kepada masyarakat. Namun menurutnya, PKH Inklusif ini merupakan penjabaran dari visi masi program dari Bapak Bupati dalam Nawa Karsa dari 9 program kerja.

“PKH Inklusif sendiri adalah penajaman yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wilayah Kabupaten Gresik khususnya di tingkat desa”, jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Karangtaruna, Pendamping PKH, Pendamping Sosial, LSM dan Ibu-ibu PKK.

Tinggalkan Balasan