Jika Ditakdirkan Pimpin Desa, Chatab M. Sanaky Komitmen Dorong Sektor Perikanan Mandiri

jpg 20220908 234200 0000
Foto: CHATAB M.SANAKY, Calon kepala desa Talimau, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan.

Halsel, Detijzone.net- CHATAB M.SANAKY, Calon Kepala Desa dengan program unggulan pengelolaan potensi sektor perikanan mandiri.

Cakades Talimau, Kecamatan Kayoa kabupaten Halmahera Selatan saat diwawancarai awak media di kedai kopi Kamis ( 8/9/22), memaparkan program unggulan ketika dirinya terpilih pada pemilihan kepala desa tanggal 29 Oktober 2022 nanti.

Putra terbaik desa Talimau Kecamatan Kayoa ini, mejelaskan, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa Talimau dengan geografis desa kepulauan kecil dan mayoritas warga bermata pencaharian nelayan, konsep pengembangan ekonomi masyarakat berbasis nelayan harus di prioritaskan untuk menopang kebutuhan masyarkat desa Talimau.

” Saya jika terpilih nanti, sektor perikanan menjadi prioritas untuk di kembangkan. Mayoritas masyarakat desa Talimau adalah nelayan.Jika sektor nelayan hususnya nelayan tangkap ikan berbagai jenis ini di kelola secara baik,pastilah menambah pendapatan masyarakat juga pendapatan desa nantinya,”beber Khatab.

Disentil soal prioritas pengembangan sektor perikanan yang nantinya menjadi program unggulan jika terpilih nanti,Khatab menyatakan,akan memastika dan menyiapkan pasar lebih dulu kemudian sarana pendukung untuk menopang kualitet hasil tangkap nelayan nantinya.

” Yang perlu duluan di siapkan adalah pasar,kendala nelayan di desa adalah pasar bukan fasilitas tangkap dan metode tangkap.Setelah pasar untuk target tempat jual hasil selsai,berikutnya membangun sarana tampung dalam bentuk kostor mini dengan kapasitas tampung minimum 3-5 Ton ikan,sehingga nelayan hanya fokus pada upaya tangkap,tidak lagi terbebani dengan upaya pemasaran”,Terang Khatab

Lanjut Cucu Ja’far Buba ini, selain menyodorkan konsep pengembangan pembangunan ekonomi masyarakat desa Talimau berbasis nelayan,sektor strategis lain juga masuk dalam visi dan misi untuk desa Talimau di 6 Tahun yang akan datang.

” Pembangunan infrastruktur desa yang belum di bangun atau belum selesai di bangun tentu menjadi tanggun jawab pemerintah desa periode berikutnya.Sebagai putra desa Talimau,saya memiliki tanggung jawab moril, insyaAllah jika Amanat rakyat desa Talimau pada 29 Oktober nanti di ijabah oleh Allah SWT,” tutup Khatab.

 

Tinggalkan Balasan