Nasional

Raih Medali OSN, Bupati Toba Poltak Sitorus Bangga Atas YBS

1173
×

Raih Medali OSN, Bupati Toba Poltak Sitorus Bangga Atas YBS

Sebarkan artikel ini
20220822 173532 0000

TOBA, Detikzone.net- Yayasan Bonapasogit Sejahtera (YBS) belum lama ini memenangkan medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenbudristek RI) yang pada tahun 2022 mengambil tema “Sains Pulihkan Negeri.”

OSN adalah ajang kejuaraan dalam bidang sains di berbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar terdapat pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi karakter dari seluruh siswa siswi terbaik yang dimiliki negeri ini.

Pada pengumuman oleh Puspresnas tanggal 06 Agustus 2022 lalu, siswa dari YBS menjadi satu-satunya siswa yang menyumbangkan satu medali emas mewakili Kabupaten Toba. YBS berhasil memenangkan Medali Emas Bidang Studi Matematika di raih oleh Yehezkiel Pandapotan Siagian (SD), Medali Perunggu Bidang Studi IPA di raih oleh Boinov Brema Parangin-Angin (SD) dan Medali Perunggu Bidang Studi IPA di raih oleh Jonathan Dennis Sianturi (SMP).

Roselly Simanjuntak sebagai koordinator YBS menyampaikan, YBS sebagai salah satu yayasan pendidikan yang siap mendorong keberhasilan anak didiknya serta bercita cita menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang berprestasi baik dibidang akademik, olahraga dan seni. Termasuk mengirimkan siswa/i berprestasi untuk mengikuti ajang OSN tingkat Nasional jenjang pendidikan SD dan SMP.

“Pencapaian prestasi yang maksimal ini akan memunculkan juara-juara bidang sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi. Dengan demikian, melalui OSN akan tercipta ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi dan menuangkan seluruh kemampuan dalam bidang sains untuk mencapai puncak potensi terbaik yang dimilikinya. Kompetisi Sains Nasional sendiri bagi siswa dan guru merupakan sarana yang menghadirkan adrenalin tersendiri yang menarik dan juga menantang dalam mencapai prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Roselly, Senin (22/08/2022).

Toba Pulp Lestari (TPL) yang menaungi YBS, selalu mendukung segala kegiatan operasional sekolah, baik dari sarana prasarana, persiapan dan akomodasi pada saat siswa mengikuti kompetisi. Dukungan ini terbayar dengan keberhasilan peserta didik yang mencapai prestasi terbaik di berbagai kejuaraan atau kompetisi antar sekolah, baik lokal hingga nasional.

Direktur TPL, Jandres Silalahi menyebutkan semua dukungan dan apresiasi yang diberikan perusahaan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Toba unggul dan bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia dan perusahaan berupaya memberikan yang terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini makin maju yang pada akhirnya harus dilakukan proses pembenahan diri guna menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter kuat dan kokoh serta mempunyai kemampuan yang andal di bidangnya. Mutu dari sumber daya manusia dalam suatu bangsa sangat tergantung kepada proses pendidikannya. Generasi muda Indonesia khususnya para pelajar harus memiliki jiwa kompetitif dan berdaya saing dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian dari masyarakat internasional di era global sekarang ini,” pungkas Jandres.

20220822 173443 0000

Jandres menambahkan, pendidikan merupakan salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa.

Sekolah merupakan lembaga formal dalam penyelenggaraan pendidikan akademik bagi peserta didik yang ingin meningkatkan prestasinya. Dengan demikian, hal ini dapat memicu peserta didik untuk mengembangkan proses berpikir kritis yang dimilikinya dan harus didukung semaksimal mungkin,” jelasnya.

Bupati Toba, Poltak Sitorus sangat bahagia dan bangga dengan keberhasilan dari siswa YBS yang berhasil menyumbangkan emas pertama untuk Kabupaten Toba.

Poltak juga turut memberikan apresiasi kepada siswa YBS yang berhasil menang dalam kejuaran OSN 2022 yang dilaksanakan di Kantor Bupati Toba.

Suatu kebanggaan bagi Toba bahwa anak Toba mampu mengukir berprestasi dalam ajang OSN dan memberikan medali emas-nya. Terimakasih kepada siswa dan guru yang berjuang untuk terus maju meningkatkan pendidikan di Kabupaten Toba terkhusus buat YBS yang memberikan medali emas dan perunggu bagi Kabupaten Toba. Mari bersama kita capai Kabupaten Toba unggul dan bersinar,” tutup Poltak.

 

Tinggalkan Balasan