Dorong SDM Berkualitas, Pemkab Bangkalan Jalin Kerjasama dengan STIESIA Surabaya

Bangkalan, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan jalin kerjasama bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengabdian bersama STIESIA Surabaya. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni MM.

Menurut Wabup penandatanganan MoU ini merupakan manifestasi komitmen bersama dalam mewujudkan pengabdian dan peningkatan kapasitas SDM di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan menuju Bangkalan Sejahtera.

MoU ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam mencapai visi-misi Kabupaten Bangkalan yakni Religius dan Sejahtera. Sehingga dalam upaya mencapai visi tersebut diperlukan peran serta terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan demi menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing,” kata Wabup.

Selain melakukan MoU, acara tersebut juga dikemas dengan kuliah Tamu dengan Tema “Arah Politik Anggaran Pemerintah Kabupaten Bangkalan”. Dalam kesempatan ini Wabup mempresentasikan beberapa kebijakan serta tata kelola anggaran Pemkab Bangkalan.

Wabup menjelaskan, pada tahun 2022 kebijakan alokasi anggaran Pemerintah Kabupaten Bangkalan merujuk pada tema pembangunan yang sudah ditetapkan yaitu “Pemulihan ekonomi dan sosial berbasis potensi lokal didukung penyediaan infrastruktur berkualitas yang merata” dengan skema prioritas pembangunan diantaranya, pemulihan ekonomi yang berkualitas dan merata melalui peningkatan kontribusi potensi lokal, pemerataan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, peningkatan konektivitas dan keterjangkauan wilayah; penguatan SDM melalui peningkatan pendidikan, kesehatan, perluasan kesempatan kerja dan pengentasan kemiskinan; serta peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dasar dan reformasi birokrasi dalam mewujudkan pemerintahan yang bertata kelola baik dan bermartabat.

Adapun arah kebijakan politik anggaran yang tertuang dalam APBD Kabupaten Bangkalan Tahun Anggaran 2022 dalam mendukung berbagai bidang pembangunan diantaranya, Fungsi Pendidikan Dialokasikan 674,5 Miliar atau 27, 48%, Alokasi Anggaran Kesehatan Sebesar 433 miliar atau 24,68%.

Kemudian untuk Alokasi Anggaran Infrastruktur Sebesar 447,3 Miliar. Sedangkan Alokasi Belanja Transfer ke Desa Sebesar 451,6 Milyar, yang Terdiri dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Belanja Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sementara belanja Penanganan Covid-19 Sebesar 19,6 miliar.

Pengalokasian anggaran ini diharapkan akan memberikan efek positif terhadap segala dimensi kebutuhan masyarakat terutama kesejahteraan masyarakat. Termasuk dukungan dari berbagai pihak terutama MoU dengan STESIA hari ini. Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan,” ungkap Wabup.

 

Tinggalkan Balasan