Pemkab Pamekasan Teken MoU Pengelolaan Keuangan dengan Ditjen Perbendaharaan

Pamekasan, Detikzone.net-Inginkan Kolaborasi solid mengenai  Pengelolaan Keuangan, Pemkab Pamekasan, Madura jalin MoU dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Kantor Wilayah Jawa Timur. Rabu, 27/07/2022.

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut ditandatangani oleh Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Jawa Timur, Taukhid di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Selasa (26/7/2022).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Jawa Timur, Taukhid menyampaikan, nota kesepahaman tersebut untuk menyamakan data dan informasi serta pemanfaatan data bersama mengenai beberapa hal, termasuk implementasi fiskal pemerintah daerah serta data tentang UMKM di setiap daerah.

“MoU ini kita gagas sebagaimana saya sampaikan yaitu pemanfaatan bersama data informasi. Buku yang saya bawa ini adalah buku tentang perkembangan implemenfasi fiskal pemerintah tahun 2021 di wilayah Jawa Timur, isinya ini keseluruhan dana-dana yang berputar di wilayah bapak/ibu sekalian,” ungkapnya.

Pihaknya juga dapat melakukan sosialisasi kepada setiap desa di Jawa Timur tentang pengelolaan keuangan.

“Selain itu, kami juga memberikan reward terhadap desa sebagai bentuk motivasi kepada pemerintah desa untuk bisa menerapkan kemampuan desa dengan baik dan benar,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, ada tiga desa di Pamekasan yang mendapatkan reward. Yakni Desa Toronan Kecamatan Pamekasan, Desa Lancar Kecamatan Larangan, dan Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu dengan kategori Desa Prospektif Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2021.

Adapun penghargaan itu diberikan oleh Wakil Bupati Fattah Jasin didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Jawa Timur, Taukhid.

Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin menyampaikan terima kasih atas kerja sama pemanfaatan data dan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan serta program yang akan dikerjakan. Sebab visi Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam adalah mewujudkan masyarakat sejahtera dari bawah merata berlandaskan nilai-nilai agama.

Mudah-mudahan MoU ini akan terus kita manfaatkan  dalam rangka meningkatkan tertib administrasi maupun pelaporan-pelaporan yang lain,” pungkasnya.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut dihadiri jajaran pejabat di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Jawa Timur, Sekretaris Daerah Pamekasan, Totok Hartono Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Pamekasan, Syahrul Munir, dan jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

 

Tinggalkan Balasan