Wakili Khofifah, Kadis Kominfo Hadiri Pembukaan FORNAS

Jatim, Detikzone.net-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam acara Pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Jakabaring Sport City, Sumatera Selatan, Jumat (1/7/2022) malam.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional ini berlangsung selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 1-7 Juli 2022.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, yang mewakili Presiden RI mengatakan, olahraga masyarakat adalah hulu dari olahraga berprestasi. Jika olahraga dijadikan sebagai gaya hidup, maka akan muncul talenta-talenta atlet.

Ia pun menekankan, melalui FORNAS ini, Pemerintah memberi ruang kepada olahraga masyarakat. Bukan semata untuk mencari prestasi juara umum, melainkan menjadi ajang bersilaturahmi dan beriang gembira menuju Indonesia Bugar 2045.

Ajang ini berbeda dengan kompetisi olahraga lainnya karena yang difokuskan adalah unsur kesehatan, kebugaran, dan silaturahmi. Kita gelorakan kembali semboyan Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat,” tegas Menpora Amali.

Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman, melaporkan bahwa FORNAS VI diikuti oleh 34 kontingen KORMI provinsi dengan melibatkan 64 Induk Organisasi Olahraga (Inorga). Sebanyak 12.141 pegiat olahraga dari usia anak-anak hingga lanjut usia (lansia) telah terdaftar untuk mengikuti 709 nomor perlombaan dan pertandingan.

Semangat kemandirian ada dalam FORNAS ini. Sebanyak 68 persen peserta hadir dengan uang sendiri dan 32 persen hadir menggunakan APBD,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sektor perekonomian di provinsi ini pun turut merasakan dampak positif karena adanya FORNAS VI.

Semua usaha perhotelan, transportasi, kuliner UMKM dll bergerak. Semangat berolahraga juga menjadi timbul. Masyarakat Sumatera Selatan ingin segera bersilaturahmi dengan seluruh saudara di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya, tentu karena didukung oleh seluruh pihak terkait,” ungkap Gubernur Sumsel.

Sebagai informasi, FORNAS dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali. Sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta 2011, Solo 2013, Bali 2015, Banjarmasin 2017, dan Samarinda 2019. Pembukaan FORNAS VI 2021 di tahun 2022 ini juga menyuguhkan tarian-tarian khas dari kelima daerah penyelenggara sebelumnya

Tinggalkan Balasan