Duh Kasihan Sekali, Kegiatan Panen Padi di Kecamatan Pasean Tak Maksimal

1361
×

Duh Kasihan Sekali, Kegiatan Panen Padi di Kecamatan Pasean Tak Maksimal

Sebarkan artikel ini
20220628 200138 0000

Pamekasan, Detikzone.net- Pertanian yang ada di Indonesia merupakan pertanian yang menanam tanaman pangan. 28/06/2022

Padi merupakan tanaman pangan utama selain sagu, jagung dan umbi-umbian. dalam kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan padi terus meningkat, karena merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Untuk menyeimbangkan kebutuhan pangan dengan jumlah produktivitas padi maka perlu memerhatikan dari cara penanaman, hama dan penyakit yang mengganggu, kondisi lahan, pemupukan dan sebagainya. Hal yang tidak kalah penting adalah penanganan panen.

Panen adalah memetik hasil tanaman padi disawah atau di ladang sesuai dengan kriteria tingkat kemasakan.

Menurut Kader PDI Perjuangan yang saat ini menduduki jabatan sebagai ketua PAC Kecamatan Pasean ADRA’IE mengatakan, tujuan pemanenan padi adalah untuk mendapatkan gabah dari lapangan pada tingkat kematangan optimal dan mencegah kerusakan serta kehilangan hasil seminimal mungkin.

Pemanenan padi tidak akan menguntungkan dan memuaskan jika prosesnya dilakukan dengan cara yang kurang benar dan pada umur panen yang tidak tepat bahkan cara panen yang tidak baik akan menurunkan kehilangan hasil secara kuantitatif,” ujarnya.

Sedangkan saat panen yang tepat, kata dia, akan menentukan kualitas gabah dan beras.

Panen harus dilakukan bila bulir padi sudah cukup dianggap masak. Panen yang  kurang tepat dapat menurunkan kualitas dari gabah maupun beras,” katanya.

Menurutnya, dalam rangka panen, perlu diketahui fase-fase pemasakan bulir padi, penentuan saat panen dan alat untuk panen.

Proses pemasakan bulir padi terdapat 4 stadia masak. Selain itu, yang sangat menunjang adalah pemupukan pada merk pupuk yang di pakai,” jelasnya.

jpg 20220628 200256 0000

Adra’i juga menyinggung terkait kelangkaan pupuk untuk para petani

Di wilayah kami biasanya memakai UREA, namun mulai tahun ini masyarakat petani kebingungan dengan pupuk karena sangat langka walaupun para petani sudah tergabung pada kelompok tani,” ulasnya.

Bahkan, lanjut dia, para petani mencari pupuk Urea hingga ke luar desa dan kecamatan bahkan ke luar daerah.

Kalau laporan dari Kios menyatakan tidak ada masalah dengan pupuk, maka itu perlu dipertanyakan, karena pemerintah sudah memberikan subsidi dan sudah memenuhi sesuai dengan luas pada desa di daerah masing masing” beber Ketua PAC Pasean di PDI Perjuangan.

Disisi lain, saat media ini mewawancarai pimpinan Lembaga KOMNAS PKPU Cabang Pamekasan, Zainal Fattah menuturkan bahwa apa yang sudah disampaikan Ketua PAC Pasean dari PDI Perjuangan memang sudah berdasarkan fakta.

Terkait kelangkaan pupuk yang sudah disampaikan Ketua PAC Pasean saya rasa sesuai fakta. Kenapa saya katakan fakta karena jika dikaji dari kejadian pupuk yang di tangkap di Tuban dan daerah lainnya, tidak menutup kemungkinan itu jatah petani dari beberapa desa atau Kecamatan,” ungkap Zainal.

Sejauh ini, lanjut Zainal, pihaknya masih melakukan pemantauan atas pengaduan masyarakat petani desa Batukerbuy yang mengeluh tidak mendapatkan pupuk di tahun 2021.

Sementara informasi yang kami serap dari beberapa masyarakat diduga dilarikan ke luar daerah yakni desa terdekat di Kecamatan Pasongsongan bahkan sampai keluar pulau jawa yang di muat oleh mobil trevel rute Jember -Madura.

Saat ini bermacam upaya masih kami lakukan agar bisa membuktikan kebenaran info tersebut,” beber pimpinan Cabang Pamekasan Komnas PKPU, Zainal Fattah.

Tinggalkan Balasan