Biosecurity Solusi Tekan Penyebaran PMK

Sumenep, Detikzone.net- Untuk menekan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto mengajak masyarakat menerapkan Biosecurity dengan menjaga kebersihan kandang dan taat Protokol Kesehatan. Jumat (24/06/2022).

Biosecurity merupakan salah satu solusi pencegahan sekaligus menekan penularan dan penyebaran PMK. Jadi, kebersihan kandang harus benar-benar dijaga. Artinya, setiap masuk dalam keadaan bersih dan rutin menyemprot kandang,” ujar Arif Firmanto, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Zulfah

Sekedar informasi, sesuai data laporan warga ke DKPP Kabupaten Sumenep, bahwa hewan ternak yang terpapar PMK sebanyak 2.518 ekor.

Dari 2.518 ekor hewan ternak yang terpapar PMK itu, sebanyak 1.272 sudah sembuh, kemudian 1.230 masih sakit dan sekitar 6 ekor mati,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, untuk penanganan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, yakni mengoptimalkan fungsi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai unit pelayanan kesehatan hewan terpadu.

Selain itu, petugas juga turun ke lapangan dengan mengunjungi lokasi yang memerlukan pelayanan kesehatan hewan. Seperti mendatangi kandang-kandang peternak, serta memeriksa hewan di pos penyekatan sebelum dan sesudah masuk ke pasar,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan