Syarat Tambahan Bebas Temuan Inspektorat Bagi Cakades Incumbent Sangat Konstitusional

Halmahera, Detikzone.net- Yayasan Bantuan Hukum ( YBH ) , Ongky Nyong Direktur YBH Justice Indonesia Maluku Utara menegaskan bahwa terkait Syarat tambahan bagi calon kepala desa petahana adalah Bebas Temuan dari Inspektorat. Senin, 20/06/2022.

“Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pemilihan Kepala Desa pasal 5 huruf ( l ) bahwa “calon kepala desa Petahana diwajibkan menyertakan bukti bebas temuan dari inspektorat selama menjabat sebagai kepala desa kepada panitia Pilkades,” katanya.

Bahkan kata dia, Perbup nomor 10 Tahun 2022 ini menurut hemat kami tidak ada muatan pasal yang bertentangan dengan muatan peraturan perundang undangan diatasnya maka tidak perlu dipertentangkan dengan aturan lainnya.

“Kebijakan Bebas Temuan dari inspektorat sebagai syarat tambahan calon kepala desa Petahana pasti telah dikaji dan kemudian dipandang perlu, sehingga dibuatlah Perbup sebagai payung hukumnya, maka kemudian Perbup nomor 10 tahun 2022 tersebut telah menjadi Prodak Hukum Daerah (PHD) dan wajib untuk dipatuhi,” sambungnya.

Menurut dia, Perbup tersebut juga telah bersesuaian dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Prodak Hukum Daerah yang menegaskan bahwa Peraturan Kepala Daerah ditetapkan berdasarkan Kewenangan atau ditetapkan atas perintah peraturan perundang undangan yang lebih tinggi.

“Maka kemudian walaupun Syarat Bebas Temuan tidak diatur baik dalam Peraturan Daerah serta peraturan diatas lainnya, bukan berarti hal tersebut menjadi jalan buntut bagi seorang kepala daerah atau Bupati namun Bupati diberikan Kewenangan yang besar untuk membuat peraturan – peraturan terhadap sebuah kebijakan yang dipandang penting,” tukasnya.

Demikian juga soal apakah proses pembuatan Peraturan Bupati ini bertentangan dengan peraturan perundang undangan diatasnya atau tidak?

“Menurut kami tidak bertentangan, karena dibuat berdasarkan kewenangan sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 18 Ayat (6) bahwa “Pemerintah Daerah Berwenang menentukan Peraturan Daerah Dan Peraturan – Peraturan Lain untuk melaksanakan otonomi dan Tugas Pembantuan”, didalam Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2011 yang diubah menjadi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan,”

“Didalam klausul pasal 8 menegaskan bahwa Jenis Peraturan Perundang Undangan selain dimaksud pasal 7 Ayat (1) juga mencakup Peraturan yang ditetapkan oleh Bupati, Didalam Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Pasal 67 huruf e bahwa salah satu Kewajiban Bupati adalah “Menerapkan Prinsip Tata Pemerintahan Yang Bersih dan Baik”.

“Kami kemudian berpikir bahwa ketegasan Bupati dalam membuat syarat Bebas Temuan calon kades Petahana adalah sebuah harapan besar untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang Bersih dan baik sesuai amanat konstitusi serta Bupati punya kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan Desa demi terwujudnya Asas Tertib Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Asas Tertib Kepentingan Umum, Asas keterbukaan,proporsionalitas,profesionalitas, Akuntabilitas, efektivitas dan partisipatif,” terangnya.

Kebijakan Bupati mensyaratkan Bebas Temuan sebagai Syarat Cakades, saya melihatnya sebagai bagian dari Strategi memilih pemimpin – pemimpin desa yang tidak bermental Korupsi, kolusi dan nepotisme dan mestinya semua pihak mendukung agar pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini benar – benar berkualitas.

Kami berharap agar pemerintah daerah dalam hal ini Bupati harus komitmen terhadap penerapan seluruh syarat Cakades untuk dipenuhi, publik juga harus diberikan akses informasi terkait dengan pelaksanaan Bebas Temuan sebagai bentuk transparansi agar publik tau Kepala Desa mana yang telah mengembalikan kerugian keuangan negara, dan Bupati juga dapat mengontrol pelaksanaan syarat tambahan bebas temuan Calon Kades Petahana, dengan harapan syarat ini tidak dijadikan sebagai kendaraan kepentingan.” Tandasnya.

Tinggalkan Balasan