Potensi Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat, Kemenparekraf Akan Optimalkan Wisata Religi Sumenep

Foto: Menparekraf, Sandiaga Uno didampingi Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, SH, MH saat peluncuran Global Halal HUB dan Rumah Kemasan produk UMKM Kabupaten Sumenep, di Taman Tajamara, Selasa (24/05/2022).

Sumenep, Detikzone.net-  Dipandang memiliki potensi untuk mendatangkan wisatawan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Uno ingin mengembangkan wisata religi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selasa, 24/05/2022.

Karena Kabupaten Sumenep memiliki banyak Destinasi wisata religi yang perlu diprioritaskan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten paling ujung Pulau Madura ini,” ujar Menparekraf saat peluncuran dan peletakan batu pertama Global Halal HUB dan Rumah Kemasan produk UMKM Kabupaten Sumenep, di Taman Tajamara, Selasa (24/05/2022).

Kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI memang memiliki program pengembangan wisata religi.

Hal itu sebagai langkah untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat agar bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian daerah,” katanya 

Menurut Sandiaga Uno, Wisata religi tujuannya adalah wisatawan nusantara.

Karena 12 ribu hingga 15 ribu orang perhari sebelum umroh ditutup, berkeinginan mempunyai pengalaman dan kenangan berkunjung ke wisata religi,” tandas Menparekraf.

Menparekraf juga mengungkapkan, pengembangan wisata religi itu memang layak, mengingat Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah di Pulau Madura yang memiliki banyak pondok pesantren.

Pengembangan destinasi wisata religi bergandengan dengan program pemerintah Kabupaten Sumenep yakni santripreneur,” ucap Sandiaga.

Menprarekraf optimis, dengan santripreneur dan wisata religi akan mampu mencetak lapangan kerja dan penggerak kebangkitan ekonomi daerah.

Kita Optimis,” tandas Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan berharga itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga mengungkapkan, pihaknya menyambut baik langkah kemenparekraf untuk mengembangkan wisata religi dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kami mendukung penguatan sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep, karena memiliki potensi wisata baik itu religi, sejarah dan budaya,” kata Bupati, Ra Achmad Fauzi, SH, MH.

 

Tinggalkan Balasan