Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Dispendukcapil Pamekasan Luncurkan Program Lantor

  • Bagikan

Pamekasan, Detikzone.net- Komitmen Genjot kualitas pelayanan prima untuk masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pamekasan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dispendukcapil ) maluncurkan program LANTOR (Layanan Tak Osa Toron Dèri Motor). Kamis, 12/05/2022.

Program inovasi tersebut adalah bagian dari ikhtiar besar pemerintah dalam percepatan akses layanan publik di Bumi Gerbang Salam di era Bupati Baddrut Tamam.

Konsep layanan digital dalam mengurus surat-surat kependudukan sudah  No Ribet, cepat dan praktis.

Orang nomor satu di Bumi santri Pamekasan, Ra Baddrut Tamam mengatakan, Program Lantor merupakan inovasi pencetakan dokumen kependudukan terbaru oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pamekasan.

Program ini adalah inovasi khusus untuk lebih memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat,” katanya.

Jadi layanan percetakan KTP yang rusak, hilang, KK hilang, rusak atau surat kelahiran ini tidak harus turun dari motor, cuma tinggal menyetorkan berkas atau dokumen kepada petugas setelah langsung jadi KTP atau KK yang baru,” imbuhnya.

Pemimpin yang memang dikenal dengan inovasi dan terobosan-terobosannya ini menambahkan, secara teknis untuk berkas persyaratan program Lantor hanya harus siapkan sedikit berkas oleh pemohon. Diantaranya dengan membawa dokumen yang rusak, Khusus dokumen yang hilang cukup membawa surat keterangan hilang dari Kepolisian.

Jadi dengan program ini, kita bisa mengurus surat kependudukan lebih simple tidak banyak persyaratan. Ini program inovasi yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Pamekasan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan insyaAllah penuh manfaat,” ucap dia.

Dengan lugas, Lora Baddrut juga menegaskan bahwa di era teknologi berbasis digital, terobosan memang sangat penting diterapkan guna bisa bersaing dengan Kabupaten lain yang sudah maju.

Pelayanan publik terhadap masyarakat di era digital ini perlu kiranya terus dilakukan dengan adanya pembaharuan inovasi dan terobosan baru,” ungkap dia saat diwawancarai.

Program inovasi Lantor ini, lanjut Bupati, bertempat di Mall Pelayanan Publik Islamic Cantar Pamekasan, Jalan Raya Panglegur, kota Pamekasan.

Tentunya dengan pertimbangan agar masyarakat lebih mudah dan leluasa mengakses informasi dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah dalam pelaksanaan dukcapil,”

“Tujuannya untuk mempercepat pembangunan SDA dan SDM sehingga roda pemerintahan dapat berjalan secara stabil dan cepat,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan