PBG Sambut Baik Kedatangan Rombongan Wisata Religi MA Himayatul Islam

  • Bagikan

Gresik, Detikzone.net- Mengawali perjalanan safari rombongan Madrasah Aliyah (MA) Himayatul Islam, Teluk Dalam, Sangkapura melakukan serangkaian wisata religi ke 5 tempat makam wali dan makam Gus Dur yang berada di Jombang.

Rombongan tersebut tiba di Pelabuhan Paciran (11/05) setelah menempuh perjalanan laut dengan KM. Gili Iyang dari pelabuhan Sangkapura (10/05).

Nurhan Jamil sebagai ketua rombongan tersebut menuturkan, Rombongan MA Imayatul Islam yang berjumlah 74 orang memulai rangkaian perjalanan wisata religi dengan menggunakan 2 buah bus wisata menuju ke beberapa makam wali.

Ziarah ke makam wali dimulai dari makam Sunan Drajat yang berada di desa Drajat, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Lalu rombongan melanjutkan ziarah ke makam Sunan Bonang yang berada di kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Tepatnya di sebelah barat Masjid Agung Tuban.

Rombongan melanjutkan ziarah ke makam Gus Dur yang berada di komplek Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang. Rombongan tersebut tiba di makam Gus Dur pada hari Rabu, pukul 20.00 WIB.

Sebelum memasuki kawasan makam, guru dan siswa-siswa tersebut melakukan sholat berjamaah di masjid kawasan religi tersebut. Memasuki makam Gus Dur mereka segera duduk dengan rapi dan melakukan doa bersama, jelas Nurhan.

Moh. Ali sebagai Kepala MA Himayatul Islam menambahkan, rombongan melanjutkan wisata religi ke makan Sunan Ampel yang berada di Jalan Nyamplungan, Ampel, kecamatan Semampir, Surabaya.

Rombongan melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Giri yang berada terletak di desa Giri kecamatan Kebomas berjarak 4 Km dari pusat kota Gresik dan mengakhiri wisata religi di makam Sunan Malik Ibrahim yang berada di desa Gapuro Sukolilo, Gresik.

Setelah melakukan serangkaian ziarah, rombongan tiba di rumah singgah PBG di jalan Basuki Rahmat no.7 Gresik dan diterima hangat oleh Pengurus Pemuda Bawean Gresik (PBG) memberikan fasilitas yang dibutuhkan dengan menginap dan berada di rumah singgah PBG sambil menunggu keberangkatan kapal Gili Iyang, hari Jum’at dari pelabuhan Gresik menuju pelabuhan Bawean. Jam 19.00 WIB.

Nurhan Jamil selaku ketua rombongan memberi ucapan, “Terimakasih kepada semua pengurus PBG yang telah memfasilitasi teman-teman MA Himayatul Islam, semoga bermanfaat dan kiprah PBG menjadi harapan masyarakat Bawean,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan