Serahkan Zakat Fitrah ASN, Bupati: Zakat Adalah Penguat Solidaritas dan Bukti Kesalehan

  • Bagikan
Foto: Didampingi jajaran Forkopimda, Bupati Sumenep, Lora Fauzi menyerahkan zakat fitrah ASN 1443 Hijriah, di Masjid Jamik Sumenep, Kamis (28/04/2022).

Sumenep, Detikzone.net- Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah  (Pemkab) Sumenep, Ra Achmad Fauzi SH, MH meminta pengumpulan zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) setiap tahunnya bisa terus  meningkat guna membantu masyarakat yang kurang mampu.

Apalagi pada masa masa sulit seperti ini, dimana selama dua tahun lamanya, perekonomian masyarakat terjepit akibat dampak pandemi.

Saya mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sumenep, agar selalu memberikan bantuan kepada fakir miskin,” jelas Bupati Sumenep di sela-sela penyerahan zakat fitrah ASN 1443 Hijriah, di Masjid Jamik Sumenep, Kamis (28/04/2022).

Suami tercinta Ketua TP-PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi juga berharap agar zakat fitrah ASN setiap tahunnya ada peningkatan.

Sehingga sasaran penerima juga bertambah. Apalagi zakat fitrah  ini sangat efektif dalam menanggulangi masalah kemiskinan di Kabupaten Sumenep,” ucapnya.

Menurut pemimpin visioner itu, Penyaluran zakat juga bisa menguatkan rasa solidaritas, kepekaan sosial dan sebagai bukti kesalehan.

Allah SWT juga akan memberikan kebahagiaan dan keberkahan, jika bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan,” tukas Bupati Sumenep.

Dalam giat itu, Bupati Sumenep didampingi oleh  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Takmir Masjid Jamik serta perwakilan penerima zakat fitrah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Achmad Dzulkarnaen mengatakan, pengumpulan zakat fitrah ASN berasal dari instansi pemerintah dan instansi vertikal di lingkungan Pemkab Sumenep, yang berbentuk beras sebanyak 115 paket, dan uang sebesar Rp118.945.000,- atau sekitar 3.410 paket beras.

Sedangkan untuk pengumpulan zakat fitrah oleh pihak Kecamatan sebesar Rp26.710.000,- dan pendistribusiannya dilakukan oleh setiap Kecamatan,” terangnya.

Pemohon pendistribusian atau penyalur zakat fitrah 1443 Hijriah ini sebanyak 67 pemohon, dan teknis penyalurannya, melalui lembaga penyalur zakat.

Karena masih pandemi Covid-19 untuk mengurangi kerumanan dilakukan oleh penyalur zakat,“ pungkas Ach. Dzulkarnaen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan