Menjawab Aspirasi, Pemkab Sumenep Siapkan Mudik Gratis untuk Masyarakat Kepulauan

  • Bagikan

Sumenep, Detikzone.net- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menjawab aspirasi masyarakat kepulauan dengan menyiapkan pelayanan terbaik melalui sarana transportasi laut. Jumat, 22/04/2022.

Ra Achmad Fauzi, SH, MH, mengatakan, Pihaknya tidak hanya menyediakan kapal laut untuk menjawab kebutuhan masyarakat, melainkan juga memberi programkan mudik gratis

“Program mudik gratis itu merupakan bagian dari upaya Pemkab Sumenep dalam melayani masyarakat kepulauan. Semoga program ini bisa menjawab apa yang selama ini dikhawatirkan oleh masyarakat kepulauan, khususnya berkaitan dengan ketersediaan transportasi laut menjelang lebaran,” tegas Bupati di sela-sela kegiatannya, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Jumat, (22/04/2022)

Baca JugaSerahkan Alat Cetak Kartu Tanda Anggota NU, Ini Harapan Ra Achmad Fauzi

Baca JugaSiap Bersinergi, Bupati Sumenep Minta IKA PMII Beri Sumbangsih Pemikiran Demi Kemajuan

Secara terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Sumenep Moh. Jakfar mengatakan, dirinya merencanakan program mudik gratis bagi warga kepulauan mulai dilaksanakan sejak H-9 hingga H-2 lebaran atau selama satu minggu penuh.

“Mestinya program mudik gratis bagi warga kepulauan mulai H-10, namun karena tidak ada kapal dilaksanakan sejak H-9 atau besok,” jelas Moh. Jakfar,

Lebih jauh Moh. Jakfar menegaskan, Program mudik gratis tujuannya tidak hanya satu kecamatan di kepulauan, namun menjangkau semua kepulauan di Kabupaten Sumenep, sehingga masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis dengan tiket untuk mendaftarkan dirinya.

“Warga kepulauan yang berangkat dari Pelabuhan Kalianget menuju Masalembu, Kangean, Sapeken, Raas, dan Sapudi, diberikan mudik gratis yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep,” tuturnya

Moh Jakfar menandaskan, Armada yang disiapkan untuk melayani mudik gratis itu, di antaranya, Kapal Perintis, Kapal Dharma Kartika, Kapal Satya Kencana, dan DBS III yang saat ini sudah dalam perjalanan dari Bangkalan ke Sumenep.

“Masyarakat yang ingin memanfaatkan mudik gratis ini untuk mendaftarkan dirinya dengan melampirkan persyaratan, yaitu fotocopy KTP/KK yang tempat pendaftarannya di Pelabuhan Kalianget, Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Perhubungan serta Pelabuhan Kalianget,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan