Gubernur NTT Tinjau Lokasi Produksi Minyak Goreng Kelapa Paumere di Desa Jembu Rea

  • Bagikan
Foto: gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Bupati Ende Djafar Achmad

ENDE, Detikzone.net – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) , Viktor Bungtilu Laiskodat bersama rombongan didampingi Bupati Ende Djafar Achmad, Wakil Bupati Ende Ericos Emanuel Rede meninjau langsung tempat produksi minyak goreng kelapa Paumere yang diproduksi oleh Komunitas Perempuan Adat ( KOMPERAT JEMBU RAYA), Desa Jembu Rea Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende Senin, 11 April 2022.

Dalam sambutannya VBL sangat berterimakasih kepada para ibu yang sudah bersusah payah memproduksi minyak goreng kelapa Paumere.

“Kami mengapresiasi kreativitas masyarakat setempat dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng saat ini,” ungkapnya

Pihaknya mengarahkan Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Ende untuk masuk dalam APBD supaya Pemerintah bisa membeli semua prodak masyarakat.

” Begini, kita ini lagi kekurangan minyak goreng mau harganya berapa selama ada minyak goreng pasti kita beli, dari pada tidak ada. Orang diluar sana sudah tidak ada minyak goreng dan saya sangat berterimakasih kepada Mama-Mama yang telah memproduksi minyak goreng ini,” jelasnya.

“Juga Pak Bupati, Wabup dan Ketua DPRD jangan hitung lagi anggaran berapa, lama-lama bisa murah, tapi pemerintah beli dulu, dan harus masuk dalam APBD supaya Pemerintah bisa membeli semua prodak masyarakat,” imbuhnya

Viktor Bungtilu Laiskodat juga meminta Bapak Bupati Ende untuk mumbuat proposal kepada Mentri PUPR tembusan kepada Guburnur NTT dan meminta membuat perencanaan bersama Kadis PUPR Propinsi dan Kadis PUPR Kabupaten tenteng usulan pengerjaan jalan lintas Desa Jembu Rea tembus Kecamatam Maukaro dan sekitarnya.

” Soal jalan saya sudah melihatnya sendiri saya meminta Pak Bupati untuk membuat proposal tembusan Gubernur NTT serta membuat perencanaan bersama Kadis PUPR Propinsi dan PUPR Kabupaten tentang usulan jalan dari sini tembus dan keluar Maukaro nanti saya baru bicara dengan Pak Mentri untuk ambil alih oleh Kementrian PUPR Provinsi supaya bisa cepat selesai,” Tutupnya.

Selain itu, Bupati Ende dalam sambutanya, mengucapkan selamat datang kepada Gubernur NTT bersama rombongan di Kabupaten Ende khususnya di Desa Jembu Rea dalam rangka meninjau produksi minyak goreng kelapa Paumere di desa ini.

“Terimakasih banyak kepada Bapak Gubernur yang telah mendonorkan dana 56 milyar tahun ini untuk jalan provinsi untuk Kabupaten Ende,” ucapnya.

” Saya selaku Kepala Daerah Kabupaten Ende mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur NTT bersama rombongannya yang hari ini datang disini untuk meninjau produksi minyak goreng kelapa Paumere di Desa Jembu Rea ini,” Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kepala Desa Jembu Rea Timoteus Usman ketika ditemui media ini dalam sambutanya mewakili masyarakat desa Jembu Rea dan sekitarnya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur NTT dan rombongan atas kekehadirannya.

Selain itu, juga menyampaikan beberapa aspirasi masyarakat kepada Gubernur NTT supaya harus memperhatikan ruas jalan Nangapanda-Jembu Rea dan sekitarnya mengingat kerusakan yang cukup parah dan harus melintasi beberapa kali besar.

Dirinya juga minta agar memperhatikan produksi minyak goreng kelapa Paumere yang di produksi oleh Komunitas Perempuan Adat (COMPERAT JEMBU RAYA) yang sudah lama mereka lakukan semenjak Desa ini terbentuk.

” Saya mengucapakan terimakasih kepada Bapak gubernur NTT yang hari ini hadir di Desa kami ini, atas nama masyarakat saya mau menyampaikan beberapa aspirasi kami, terus terang kami sangat mengharapakan kepada Bapak agar terus memperhatikan produksi minyak goreng kelapa yang di produksi oleh Komunitas perempuan Adat ( COMPERAT JEMBU RAYA ) ini dan tempatnya yang mungkin kurang layak lagi digunakan ini serta memperhatikan jalan kami yg sudah rusak parah begini sehingga kesulitan bagi kami adalah transportasi yang mengakses kami ke daerah Kecamatan dan Kabupaten atau sekitarnya,” keluhanya dengan mengakhiri sambutannya itu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan