Safari Ramadhan, Lazisnu Bawean Beri Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

  • Bagikan

Sangkapura, Detikzone.net- Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Bawean membagikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Hal ini bertepatan dengan kegiatan Safari Ramadhan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Bawean (PCNU) yang bertempat di Masjid Uswatun Hasanah, Desa Pudakit Barat, Kecamatan Sangkapura, Jum’at (08/04/2022) malam.

Ustadz Ilyas, Ketua LAZISNU Bawean, menyampaikan hal ini dilakukan memang merupakan agenda tahunan LAZISNU Bawean yang kali ini ditepatkan dengan agenda safari ramadhan PCNU Bawean. Dan hal ini merupakan rasa kepedulian kita sesama umat muslim yang membutuhkan, seperti dhuafa dan anak yatim.

“Jadi setiap kami melakukan turba safari ramadhan di masing-masing MWC juga dilakukan santunan kepada dua puluh anak yatim dan dhuafa yang sudah diseleksi oleh pengurus MWC sebelumnya,” katanya.

Ia berharap, dengan dilakukan santunan ini bisa membantu dan mengurangi beban mereka. Menurutnya, mereka adalah orang-orang yang membutuhkan perhatian lebih yang harus diperhatikan dan dibantu.

“Harapan kami bisa mengurangi beban mereka dengan menolong mereka (anak yatim) dengan melalui santunan Lazisnu ini karena mereka sangat butuh dikasihani,” ujar Ustadz Ilyas.

Pihaknya sering menyampaikan bahwa LAZIZNU mempunyai program silaturahim Aghnia, dimana kegiatan ini untuk menyantuni anak yatim dan dhuafa. Sementara warga Nahdliyyin yang ekonominya dianggap menengah ke atas dimintai sebagian hartanya yang hasilnya untuk menyapanya mereka (para anak yatim).

Ustadz Ilyas, menjelaskan kategori anak yatim yaitu karena sebab meninggalnya orang tua lelaki. Namun, ia juga memaparkan ada sebagian warga yang juga menyelipkan yang orang tua perempuannya yang meninggal yang juga diikutkan dalam santunan ini, tapi menurutnya ini dinamakan dhuafa, karena memang betul-betul ketidakmampuannya.

Dalam penyerahan santunan ini, juga nampak hadir dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sangkapura, Kepala Desa Pudakitbarat dan pengurus NU dari tingkat cabang hingga ranting.

“Forkompimcam sangat mengapresiasi dengan kegiatan santunan anak yatim yang dilakukan oleh LAZISNU ini,” ungkapnya Ustadz Ilyas.

Disamping itu, dalam safari ramadhan ini juga disampaikan tentang penguatan Aswaja oleh Kiai Ali Subhan, wakil ketua PCNU Bawean. Dan sosialisasi tentang Zakat oleh Lazisnu Bawean.

Ustadz Ilyas, menuturkan beberapa yang disampaikan tentang Zakat kepada jamaah diantaranya terkait, hukum zakat, perintah pakat, ancaman bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat, hikmah zakat dan cara pengelolaan zakat.

“Saya berharap warga Nahdliyyin Bawean itu bisa menerima dan mendukung penuh program-program LAZIZNU. Yang selalu menjadi pedoman bagi kita adalah ‘kita memberikan ke LAZIZNU dan juga meminta ke LAZIZNU,” pungkasnya.

Tubron selaku Kades Pudakitbarat berharap agar kegiatan yang baik seperti ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk mendekatkan NU dengan masyarakat dan dengan sosialisasi pelaksanaan zakat, masyarakat agar mengumpulkan kepada Panitia Zakat, baik melalui LazisNu atau ke UPZ Sangkapura.

“Sehingga dalam pelaksanan pembagian zakat lebih tepat sasaran,” harapnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan