Bupati Sumenep Minta PABPDSI Ikut Berperan Dalam Kemajuan Desa

  • Bagikan

Sumenep, Detikzone.net- Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, SH MH, meminta keberadaan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sumenep berperan serta untuk mendorong kemajuan dan pembangunan desa.

“Termasuk, melakukan pengawasan pembangunan desa supaya kemajuan desa sesuai harapan bersama,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, di sela-sela silaturahim dengan PABPDSI, di Mandhepa Keraton Sumenep, Rabu (06/04/2022)

Menurutnya, dalam membangun desa hendaknya membangun sinergi dengan Pemerintahan Desa serta elemen masyarakat baik tokoh agama, masyarakat dan pemuda, karena tidak bisa berjalan sendiri.

“Bahkan, PABPDSI untuk penguatan peran BPD bisa mendampingi mereka di setiap desa agar tegak lurus di atas aturan yang benar, jadi silahkan PABPDSI turun dampingi teman-teman BPD di setiap desa,” tuturnya.

Bupati menambahkan, orientasi PABPDSI dalam mendorong pembangunan desa harus selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, supaya dalam merumuskan kebijakan desa terencana dan terukur.

“Semoga para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tergabung dalam PABPDSI bisa saling bertukar gagasan untuk membangun desa yang terencana dan terukur,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Ra Achmad Fauzi berjanji mengakomodir harapan pengurus PABPDSI, untuk mendapatkan penguatan peran baik dari segi aturan maupun fasilitas.

“Kami akomodir apa yang menjadi harapan pengurus PABPDSI untuk ditindaklanjuti ke Dinas terkait,” tandasnya.

Sementara, Ketua PABPDSI Kabupaten Sumenep M. Sukran Hamidy mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk turut serta dalam membangun Sumenep, dengan meningkatkan peran BPD setiap desa.

“Kami memiliki beberapa program yang tengah digencarkan sebagai sarana penguatan peran BPD, selain Ngaji Desa, program teranyar PABPDSI adalah Ngobras Desa (Ngobrol Santai Seputar Desa),” pungkas Sukran Hamidy.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan