Utamakan Skill Siswa, SMK Katolik Yos Sudarso Ende Gelar UKK Selama Tiga Hari

  • Bagikan

ENDE, Detikzone.net – Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) digelar Sekolah Menengah Kejuruan SMK Katolik Yos Sudarso Ende Tahun Ajaran 2021/2022 sejak senin, (04/04/ 2022).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari terhitung sejak hari ini senin, 04-06 April 2022.

Ujian Kompetensi Keahlian ini diikuti oleh siswa/ siswi kelas XII dari masing- masing tiga kejuruan,Akutansi dan Keuangan Lembaga (Akutansi), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Perkantoran), serta Bisnis Daring dan Pemasaran (Pemasaran).

Untuk jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga, Kletus Djou S. Pd, selaku Kepro dari jurusan tersebut didampingi seorang penguji kompeten Herman Reo, SE.MSC, saat diwawancarai awak media mengatakan kegiatan ini bertujuan mau melihat secara langsung kompetensi siswa yang kurang lebih mereka belajar selama tiga tahun ini.

” Ya, Kegiatan ini bertujuan mau melihat secara langsung kompetensi siswa yang sudah belajar kurang lebih selama tiga tahun ini dan untuk sistem ujiannya diselenggarakan selama tiga hari,” Ujarnya.

Untuk Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran digelar juga selama tiga hari dengan kaloborasi dari teori ujian tertulis dan praktik, kegiantan ini dibimbing langsung Ketua Program Studi (Kepro) Yasinta Eriyanti Rhi,
S. Pd, juga didampingi seorang penguji Yosep Iwan Mola ( Tim penguji).

” Kegiatan ini digelar juga selama tiga hari dengan dua sistem ujian diawali dari ujian tertulis terus dilanjutkan ujian praktik , untuk soal penilaiannya kita menggunakan tiga aspek penilaian yakni penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan dan penilaian sikap,” tutur sang Kepro.

Selanjutnya, untuk jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sistem pengujiannya sama dengan masing-masing dari dua jurusan tersebut, dilaksanakan selama tiga hari didampingi Marselinus Se, S. Pd, (Kepro) dan penguji Valentinus Tan, MT, ( Tim Penguji).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Katolik Yos Sudarso Ende, Yohanes B. Laba, SVD. S. Fil, walaupun di tengah pandemi jangan pernah menyurutkan minat dan langkah mereka untuk belajar. Harus tetap belajar, berkarya, mengembangkan diri dan potensi serta kompetensi untuk meraih sukses dan masa depan pasti karena basic dari SMK adalah skill siswa yang diutamakan.

” Kami menggelar UKK secara tatap muka, karena selain prokes yang kami terapkan juga di sekolah ini, juga membantu mereka mengingat kembali pelajaran yang sudah dilalui, baik pelajaran praktik dari tempat magang maupun di sekolah dulu selama meraka berada disini selama kurang lebih tiga tahun , dan selama ini kami belajar sangat terbatas dengan menggunakan sistem online kareana keadaan Covid-19 yang melanda kita hingga saat ini ,” papar Kepala Sekolah yang akrab disapa Jon Laba itu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan