Lakukan Percobaan Pencurian, Pemuda Manding Diamankan Polsek Sumenep Kota

Foto: Pelaku beserta barang buktinya yang berhasil diamankan Polsek Sumenep Kota, Polres Sumenep.

SUMENEP, Detikzone.net- Polsek Sumenep Kota, Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil mengamankan seorang pemuda bernama Novil (23) , warga desa Lanjuk, Kecamatan Manding.

Pemuda pengangguran tersebut diringkus karena diduga melakukan tindak pidana percobaan pencurian di dalam jok sepeda motor Honda Beat warna hitam dengan Nomor Polisi M 5152. Selasa, 29/03/2022.

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti SH menerangkan bahwa kejadian tersebut terjadi siang tadi sekira pukul 12.00 wib.

“TKP penangkapan itu di halaman gudang penimbunan padi milik H. Satam yang berada Jl. Adipoday Dsn. Manggaling Ds. Kolor,” terang Widiarti melalui rilis yang diterima media ini.

Widi menambahkan, barang bukti yang disita kepolisian berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat hitam tahun 2016 dengan Nopol M 5152 WS milik pelapor dan sepeda motor Honda Supra, M 2823 VO, warna hitam milik terlapor.

“Selain itu, 1 buah Handphone merk VIVO warnah putih (milik terlapor) dan 1 buah Handphone merk SAMSUNG warna hitam milik terlapor serta 1 buah obeng,” jelas Widi.

Menurut Widi kronologis kejadian itu bermula pada hari Selasa tanggal 29 Maret 2022 sekira pukul 08.00 Wib, pelapor berangkat dari rumahnya menuju gudang penimbunan padi di desa Kolor.

“Setibanya di gudang padi tersebut pelapor langsung memarkir sepeda motornya di halaman gudang menghadap ke utara dalam keadaan di kunci stir namun penutup kunci tidak tertutup,” ucap Widi.

Setelah motor terparkir, pelapor langsung menuju sawah untuk menjemur padi.

“Sekira pukul 11.45 Wib pelapor hendak istrirahat makan dan shalat, akan tetapi pada saat sampai di gudang penimbunan padi tersebut pelapor melihat di sepeda motor miliknya ada seorang laki laki yang di ketahui bernama NOVIL tersebut membuka jok sepeda miliknya dengan cara merusak kunci jok menggunakan obeng,” kata AKP Widiarti SH.

Mengetahui hal itu, pelapor bertanya kepada pelaku,

Conk sepeda motor mak econgkek (Nak sepeda motor kenapa kok di congkel ) ? ,”tanya pelapor.

” Apa mak roknorok ka sepeda motor riya jhek riya andikna sengkok ( apa kok ngurus sepeda motor ini, ini punya saya ) ,” jawab pelaku.

Kemudian dijawab lagi oleh pelapor, “Mak ngoca” andikna bekna jhek riya kuncina bedhe e engkok, berarti bekna ngico’a ( kok bilang punyamu sedangkan kuncinya ada sama saya, berarti kamu mau mencuri ) ,” jawab pelapor.

“Setelah itu pelaku langsung melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor miliknya sendiri, sehingga spontan pelapor berteriak maling. Setelah lk 50 meter, pelaku terjatuh hingga akhirnya diamankan oleh warga yang ada di persawahan,” tukas Widi.

Pada pukul 14.00 Wib, pelapor bersama saksi membawa pemuda tersebut ke Kantor Polsek Sumenep Kota bersama barang buktinya

“Pelaku dijerat dengan Pasal 53 ayat (1) jo pasal 362 KUH Pidana.

“Guna kepentingan penyidikan, tersangka masih dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” tandas Widi.

Tinggalkan Balasan