Bupati Sumenep Pantau Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Anom

Sumenep, Detikzone.net- Guna memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional tidak terjadi lonjakan menjelang Bulan Suci Ramadan, akhirnya Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, melakukan pemantauan ke Pasar Anom Baru.

Bupati didampingi Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sumenep Ach. Lalili Maulidy berkeliling ke sejumlah kios di Pasar Anom, bahkan berdialog dengan sejumlah pedagang untuk mengetahui kondisi ketersediaan dan harga sembako terkini.

“Hasil pantauan di Pasar Anom secara umum, ketersediaan bahan kebutuhan pokok aman termasuk harga kebutuhan pokok bisa terkendali atau stabil harganya menjelang bulan Ramadan tahun ini,” kata Bupati di sela-sela peninjauan di Pasar Anom Baru, Rabu (30/03/2022).

Meskipun ketersediaan kebutuhan pokok aman termasuk harganya tetap stabil, namun dirinya telah menginstruksikan pihak terkait tetap melakukan pemantauan secara rutin ke pasar tradisional, itu dilakukan agar selama Bulan Suci Ramadan tidak ada kelangkaan dan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

“Saya tegaskan supaya pematauan ini jangan sekali saja namun pihak terkait harus melakukannya secara berkelanjutan di pasar tradisional, sehingga selama bulan Ramadan tidak ada kelangkaan serta permainan kenaikan harga,” imbuhnya.

Bupati berharap, para produsen atau pemasok untuk melakukan survey apakah persediaan sembako yang berada di pasar mencukupi selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri, supaya harga bahan kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan harga.

“Pemerintah daerah melalui pihak terkait untuk senantiasa berkoordinasi dengan produsen agar ketersediaan selama Ramadan dan Lebaran aman tidak kekurangan bahan kebutuhan pokok,” terang Bupati Ra Achmad Fauzi.

Bupati saat melakukan pemantauan di Pasar Anom Baru juga berbelanja seperti membeli telur, kecamba, kacang tanah dan kacang hijau.

Di tempat yang sama Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Ach. Lalili Maulidy mengungkapkan, pihaknya untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok pasti melakukan pemantauan secara rutin di setiap pasar tradisional, sebagai langkah mencegah terjadinya permainan harga seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul fitri.

“Kami mengharapkan para pedagang tidak mempermainkan harga bahan kebutuhan pokok seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan menjelang Idulfitri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan