Bupati Buka Muscab, Aba Ab Kembali Nahkodai Kwarcab Gerakan Pramuka Sampang

  • Bagikan

SAMPANG, Detikzone.net – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sampang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) di Pendapa Wakil Bupati setempat, Selasa (29/3/2022).

Muscab yang dibuka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) Gerakan Pramuka Sampang H. Slamet Junaidi mengusung tema “Implementasi Tri Satya dan Dasa Dasar Pramuka untuk menyiapkan tunas-tunas muda kader Bangsa menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sampang H. Abdullah Hidayat serta jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, serta seluruh Ketua Kwartir Ranting.

Dari hasil Muscab ini, H. Abdullah Hidayat terpilih secara aklamasi untuk kembali memimpin Kwarcab Gerakan Pramuka Sampang masa bakti 2022-2027 yang selanjutnya akan dilakukan pembentukan pengurus untuk 5 (lima) tahun mendatang.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sampang H. Abdullah Hidayat yang juga sebagai Wakil Bupati Sampang mengungkapkan bahwa kegiatan pramuka selama ini sudah memberikan pengabdian yang luar biasa kepada masyarakat, utamanya juga hadir disaat terjadi bencana dan kegiatan sosial.

Sebab pramuka memang harus melakukan program-program yang selaras dengan apa yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sampang.

“Untuk mewujudkan hal itu tidak bisa dengan slogan saja, tetapi melalui langkah nyata peduli kepada lingkungan dan sesama. Marilah ke depan kita bersama-sama mengembangkan kegiatan pramuka di Kabupaten Sampang agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pelaksanaan Muscab menurutnya merupakan mekanisme organisasi secara hirearki yang dilaksanakan setelah lima tahun sekali untuk menilai dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus serta memilih Ketua untuk masa bakti selanjutnya.

Kedepan, pihaknya akan melanjutkan kepemimpinannya dengan program-program pembinaan dan penguatan organisasi Pramuka hingga ke tingkat bawah.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepengurusan kwartir cabang masa bakti 2017-2022 yang sudah mengabdikan diri.

“Terima kasih atas segala tugasnya yang telah terselesaikan dan pengabdian yang diberikan melalui Pramuka, jadikan momentum Muscab kali ini sebagai sarana penguatan organisasi,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan bahwa Muscab yang dilakukan lima tahun tahun sekali melahirkan keputusan strategis dan akan menentukan program kerja kedepan agar Kwartir Cabang Pramuka di Kabupaten Sampang semakin optimal sebagai wadah penguatan karakter para pemuda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan