Bupati Sumenep Hadiri Launching Pos Kesehatan Gratis

Sumenep, Detikzone.net- Program pelayanan kesehatan dasar gratis yang dilaksanakan Pemerintah Desa Romben Rana Kecamatan Dungkek, merupakan salah satu inovasi dan kreativitas, agar masyarakat desa yang membutuhkan bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, mengatakan, inovasi kesehatan gratis ini sangatlah penting agar pelayanan kesehatan bisa menjangkau semua lapisan masyarakat desa, meskipun dengan anggaran dana yang terbatas.

“Pemerintahan Desa sangat penting memiliki pos kesehatan gratis untuk memudahkan pelayanan masyarakat, karena bukan hanya sekedar mendekatkan pelayanan, namun memberikan pelayanan secara gratis,” jelas Bupati di sela-sela Peluncuran Pos Pelayanan Kesehatan Gratis Desa Romben Rana, di Balai Desa setempat, Senin (28/03/2022).

Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi hadirnya program kesehatan dasar gratis yang diinisiasi Pemerintah Desa, sehingga semua pihak terkait bisa mendukung suksesnya program desa itu.

“Seluruh pihak terkait penting untuk mendorong program ini, supaya berjalan secara tertata dan berkelanjutan, dengan harapan keberadaan pos kesehatan gratis benar-benar bermanfaat, bahkan dinikmati masyarakat desa setempat,” tutur Bupati.

Untuk itulah, seluruh desa di Kabupaten Sumenep hendaknya mencontoh semangat Pemerintahan Desa Romben Rana untuk menciptakan Pos Pelayanan Kesehatan Gratis guna memastikan masyarakatnya sehat.

“Yang jelas, pembangunan Pos Kesehatan Gratis jangan hanya sekedar papan nama semata, melainkan sebagai pusat layanan kesehatan dasar untuk memberikan perubahan pelayanan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Romben Rana Wartini, mengungkapkan, Pos Pelayanan Kesehatan Gratis melayani masyarakat Desa Romben Rana mulai dari balita hingga orang tua atau lansia untuk pelayanan kesehatan dasar.

“Kami hadir untuk menjamin kesehatan masyarakat agar bisa segera tertangani, sehingga tidak ada lagi istilah tidak bisa berobat karena tidak ada uang,” tandasnya.

Pos Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis di antaranya melayani pemeriksaan dan pengobatan kesehatan dasar, hitanan massal, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan dan pengobatan bayi atau balita, KB, termasuk pelayanan terpadu untuk ibu hamil.

“Mudah-mudahan program pemerintahan desa untuk melayani kesehatan bisa membantu meringankan beban ekonomi masyakarat khususnya pengeluaran di bidang kesehatan,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Khairul Umam menyampaikan, dalam dua tahun terakhir Pemerintahan Desa Romben Rana fokus untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat.

“Anggaran program kesehatan gratis yang diambil dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022, bertujuan agar dana tersebut benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Khairul Umam

Tinggalkan Balasan