Pelantikan Perdana GP Ansor Bawean Dihadiri Oleh Wakil Ketua MPR RI

Sangkapura, Derikzone.net – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bawean menggelar pelantikan perdana masa khidmat 2022-2023. Disamping itu juga dilakukan pelantikan secara serentak bagi 5 Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Bawean, yang dilantik langsung oleh Musaffa’ Safril Ketua Ansoruna Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur. Selain itu, dalam pelantikan ini ditutup dengan Sosialisasi 4 Pilar oleh Wakil Ketua MPR RI, H Jazilul Fawaid, yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Hasan Jufri, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Sabtu (26/03/2022).

“Pada Apri 2017 yang lalu saya pernah ke Bawean bersama tim kaderisasi GP Ansor Jatim yang pada saat itu dipimpin langsung ketua bidang kaderisasi yang pada saat itu yaitu Alm. Andry Dewanto. Kami di Bawean selama seminggu melaksanakan kaderisasi PKD dan itu merupakan awal cikal bakal berdirinya Ansor di Bawean,” ujar Musaffa’ Safril, ketua Ansoruna PW GP Ansor Jawa Timur, saat sambutan usai melantik.

Ia menganjurkan kepada pengurus setelah dilantik untuk konsultasi dengan pimpinan wilayah melalui virtual karena menurutnya Ansor juga ada akreditasi.

Sementara, ia menceritakan ketika dirinya dulu saat ke Bawean pernah diajak ziarah ke makam-makam aulia oleh Andry ketua bidang kaderisasi Ansor Jatim pada saat itu. Saat hendak mendaki ke salah satu gunung di Bawean yang ada makam aulia dan ia menjelaskan waktu itu jalan licin betapa tantangan dan rintangan yang dihadapi oleh Andry.

“Yang saya salut kepada mas Andry ketika dirinya berkali-kali jatuh saat hendak mendaki ke gunung di Bawean untuk ziarah seraya ia mengucap ‘alhamdulilah,”  katanya.

Dan pihaknya, menjelaskan maksud dari mas Andry yang suka ziarah ke makam-makam aulia yaitu menunjukkan bahwa Ansor tidak bisa dipisahkan dengan para ulama.

Selain itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Kiai Muhammad Fauzi, menyampaikan betapa dirinya berbahagia atas terlaksananya pelantikan GP Ansor di Bawean sebagai perdana yang ia impi-impikan sebelumnya.

“Jika ada istilah siapa orang yang paling bahagia atas turunnya SK dan terselenggaranya pelantikan ini, maka sayalah orang yang paling bahagia. Karena saya sudah sejak 2004 yang memperjuangkan dan menginginkan adanya Ansor di Bawean,” paparnya.

Kiai Fauzi, mengaku bahwa yang mewarnai kegiatan-kegiatan PCNU Bawean adalah sahabat-sahabat Ansor. Dirinya merasa bangga dan optimis untuk bersama-bersama dengan sahabat Ansor untuk mengembangkan NU di Bawean.

Disamping itu, H Jazilul Fawaid, Ketua MPR RI, mengutarakan dirinya merasa yakin kepada pengurus Ansor di Bawean yang baru dilantik bahwa memiliki daya juang dan keikhlasan dalam menjalankan amanah organisasi.

“Saya merasa yakin dan seyakin-yakinnya bahwa sahabat yang tadi memiliki daya juang sekaligus keikhlasan dalam menjalankan mandat dan amanat organisasi, khususnya GP Ansor sebagai benteng ulama”, terangnya.

Gus Jazil, sapaan akrabnya, menjelaskan dengan ini bagaimana sahabat-sahabat Ansor di Bawean lebih giat lagi dalam menegakkan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal-Jama’ah di pulau Bawean.

“Saya berharap sahabat Ansor di Bawean yang baru dilantik ini memiliki semangat dan militansi yang sama, bagaimana masyarakat Bawean, anak muda Bawean dan masa depan Bawean itu lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya, Rais Syuriah PCNU Bawean Kiai Ach Zubaidi Humaili, Bustami Hazim DPRD Kabupaten Gresik, Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jatim Khoirul Rozikin, Koordinator Syber GP Ansor Jatim Zulkarnain Mahmud, PC Fatayat dan Muslimat NU Bawean, Pengurus PMII Bawean, PC IPNU-IPPNU Bawean, serta pengurus GP Ansor se-Bawean.

 

Tinggalkan Balasan