Gus Jazil Ajak Kades se-Pulau Bawean Kembangkan Potensi Daerah

Gresik, Detikzone.net- Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengajak seluruh kepala desa (Kades) se-Pulau Bawean, Gresik untuk bersama-sama mengembangkan potensi daerah yang bertumpu pada kekuatan alamnya.

Selama ini, masyarakat Bawean banyak yang memilih merantau karena tidak bisa mengoptimalkan potensi alam atau kekuatan yang ada di Bawean. ”Untuk mengubah keadaan harus dimulai dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Orang Bawean harus dibuat pintar untuk bisa mengelola sumber daya yang ada di Bawean ini,” ujar Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid saat Silaturahim dengan Kades se-Pulau Bawean di Pantai Mombhul, Bawean, Gresik, Jawa Timur, Kamis (24/3/2022).

Anggota Komisi III DPR RI dari Daerah Pemilihan Gresik – Lamongan ini mengatakan, untuk bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat harus bertumpu pada kekuatan atau potensi Bawean.

”Kita hidup di kanan kiri ikan, tapi nggak ada tradisi nelayan. Nelayan kita nelayan tradisional semua. Potensi laut kita justru diambil oleh nelayan-nelayan dari luar daerah seperti Lamongan, Tuban yang kalau pergi mencari ikan bisa 15 hari baru pulang. Nelayan kita 5 jam sudah pulang,” tutur putra asli Pulau Bawean ini.

Selain memiliki potensi ikan yang melimpah, keindahan wisata laut Bawean juga luar biasa. Bawean memiliki pantai yang indah, seperti Gili Noko yang pasirnya putih dan memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa.

”Selama kita belum bisa mengubah mindset (pola pikir) masyarakat agar bisa bertumpu pada potensi Bawean sendiri maka terus tradisi masyarakat kita merantau. Bawean itu istimewa, pulaunya indah. Pulau keramat, islami, punya nilai-nilai luhur yang kuat,” paparnya.

Saat ini, ada masyarakat Bawean yang sudah berhasil membudidayakan udang. Dia berharap kedepan keberhasilan budidaya udang ini bisa ditularkan kepada masyarakat lainnya sehingga Pulau Bawean bisa menjadi produsen udang yang bisa menjadi unggulan Bawean sebagai daerah yang dikelilingi laut.

Gus Jazil melihat selama ini perkembangan pembangunan fisik di Pulau Bawean sangat lambat. Karena itu, dirinya membutuhkan masukan dari para kepala desa se-Bawean untuk bisa bersama-sama memajukan Bawean.

”Bawean ini pulau kecil, tapi istimewa. Dari pulau kecil ini saja bisa ada dua anggota DPR RI. Alhamdulillah, saya dipercaya menjadi pejabat tinggi negara. Mudah-mudahan nanti dari Pulau Bawean ada generasi yang bisa melanjutkan,” tuturnya.

Gus Jazil juga berharap dalam waktu dekat infrastruktur jalan di Bawean bisa lebih baik. Dirinya sudah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar infrastruktur jalan lingkar Bawean bisa segera dibangun lebih baik. ”Saat ini Pak Menteri PUPR sudah menerjunkan timnya untuk mensurvei kondisi lapangan, semoga tidak lama lagi jalanan di Bawean sudah mulus,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB ini mengaku sangat senang bisa bersilaturahim dengan para kades se-Pulau Bawean. ”Saya kangen dengan sampeyan semua (para kepala desa). Alhamdulillah hari ini sempat berbincang santai dengan para kepala desa se-Bawean,” urainya.

 

Tinggalkan Balasan