Sukseskan Program Digdaya, Bupati Sumenep Dorong Perangkat Desa Melek TI

Foto: Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep ( kiri) , Bupati Achmad Fauzi SH MH ( kanan) .

Sumenep, Detikzone.net- Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Bupati Achmad Fauzi SH, MH menekankan kepada semua perangkat Desa di Kabupaten Sumenep, untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan melek teknologi di era transformasi dunia digital. Senin, 21/03/2022.

Menurutnya, teknologi dan informasi, sebagai upaya menyukseskan program Sistem Informasi Desa Data Integrasi Desa Berdaya (Digdaya).

Kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, SH, MH, hal itu wajib dilakukan, karena seiring dengan perkembangan zaman.

“Salah satu kebutuhan peningkatan SDM adalah kemampuan mengakses dan mengelola teknologi demi mendorong kemajuan desa lebih baik lagi,” katanya.

Baca JugaPanen Raya Bawang Merah Sukses, Bupati Sumenep Bangga Dengan Hasil Petani

Bupati menambahkan, Teknologi informasi bisa memaksimalkan laman Digdaya yang mencakup segala aspek untuk kepentingan pemerintahan desa, semisal penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat hingga potensi desa.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berinovasi meningkatkan kualitas pengelolaan data desa melalui aplikasi Digdaya dalam upaya mempercepat pengelolaan data desa, sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan dengan cepat dan akurat,” ujar Bupati Achmad Fauzi SH, MH.

Baca JugaPeduli Masa Depan Generasi Penerus, Bupati Sumenep Bangun Asrama Rehabilitasi Narkoba

Tidak hanya itu, imbuh Bupati, teknologi dan informasi tersebut juga mampu menopang kemandirian dan daya saing desa.

Kemauan untuk belajar dibidang Teknologi dan informasi menurut Bupati sangat penting untuk meningkatkan sebuah pelayanan.

“Manakala Pemerintah Kabupaten hingga Desa melayani masyarakat dengan baik melalui teknologi informasi, termasuk merespon keluhan, kritik, dan masukan tentu saja beragam persoalan bisa terpecahkan bersama-sama,” bebernya

“Meskipun idealnya seluruh perangkat desa harus bisa teknologi, namun setidaknya di setiap pemerintahan desa itu, ada salah seorang yang benar-benar ahli dan menguasai teknologi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan