PERSAMI Pramuka SMP-SMA Islamiyah Tambak Bawean Kuatkan Nilai-nilai Islami

Bawean, Detikzone.net-Pramuka Gugus Depan SMP 18.005/18.006 dan Gugus Depan SMA 18.009/18.010 di lembaga pendidikan Islamiyah Tambak Bawean yang merupakan salah satu lembaga di bawah naungan Yayasan Pembangunan Pulau Bawean (YPPB) yang saat ini dipimpin oleh Drs. Abdul Adim, MM. Dan YPPB didirikan oleh para Ulama’ Nahdliyyin sejak 1968 silam menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) 19 – 20 Maret 2022.

Bumi Perkemahannya berlokasi di lapangan olahraga SMP-SMA Islamiyah Tambak Bawean dan halaman sekolah. Senin, 21/03/2022.

Dimulai kemarin hari Sabtu sekitar pukul 15:30 WIB, yang dibuka oleh Kepala SMA Islamiyah Tambak Bawean, Saiful Ahzan, S. Sos. menyampaikan, pramuka merupakan program nasional untuk membina generasi muda yang taat beragama, mencintai Indonesia, ikhlas beramal dan berkarya.

“Selain itu, disiplin dalam beraktivitas, senang berbagi dan membantu sesama, serta menghargai pendapat orang lain,” ujarnya, Sabtu (21/3/2022).

Ia melanjutkan, Persami yang dilaksanakan selama dua hari tersebut menerapkan kurikulum yang sudah dibuat dan diatur dalam Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang Ektrakurikuler wajib Pramuka : Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai- nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.

Juga yang tertulis dalam Dasa Dharma Pramuka yang yang wajib ditaati anggota Pramuka, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Patriot yang sopan dan kesatria. Patuh dan suka bermusyawarah.

Sekolah berharap mudah mudahan kegiatan Persami ini berjalan lancar dan sukses, mampu memajukan sekolah, meningkatkan kualitas pendidikan dan seluruh kegiatan akademik maupun non-akademik, kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.

Kegiatan Persami didampingi 2 kakak senior yaitu Hasanuddin yang familiar disapa (Cang) dan Mumayyizzin yang biasa disapa (Cing), 2 kakak pendamping utama yaitu Fadiatun Mufira, S. Pd. dan Muzdalifah, dan 7 orang dari Kopassus (Komando Pasukan Khusus) Pramuka dari Kwartir Ranting (Kwarran) Tambak.
Kegiatan Persami diikuti oleh peserta penggalang sejumlah 38 dari siswa SMP dan peserta penegak sejumlah 18 dari siswa dan siswi SMA. Jadi jumlah peserta yang ikut sebanyak 46 orang.

Pembina Pramuka, Muzdalifah bagian teknis di lapangan mengatakan, kegiatan meliputi, telusur jejak, _outbound,_ lomba yel-yel, pentas seni, upacara api unggun, renungan dan pelantikan khusus anggota pramuka penegak, serta diakhiri dengan kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan sekolah.

“Seluruh peserta persami antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari tahap kehadiran di lokasi persami yang tepat waktu, pemasangan tenda sampai pada seluruh kegiatan malam hari,” tandasnya .

Tinggalkan Balasan