Kontes Ayam Hias Ekor Lidi Mengubah Kebiasaan Masyarakat

Sumenep, Detikzone.net – Kontes Pecinta Ayam Hias Ekor Lidi (Pahim)   digelar Komunitas Madura Ekorlidi (Komedi) dan dilaksanakan di Desa Tambaagung Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (20/03/2022).

Keberadaan ayam jenis ekor lidi mulai menjadi daya tarik para penghobi ayam hias di wilayah Madura dan sekitarnya. Bahkan, sudah ada kontesnya, dari berbagai wilayah. Di antaranya dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan juga Sumenep.

Tentunya wilayah madura untuk mendaftarkan ayamnya pada kontes keindahan yang diselenggarakan di Tambaagung Timur Ambunten Sumenep ini.

Kontes Ayam Hias Ekor Lidi, meski terlihat seperti ayam biasa, namun ada perbedaan mencolok pada bulu bagian ekor.

“Sebenarnya ini jenis ayam bangkok, tapi terdapat keunikan pada bagian ekor,” kata salah satu peserta kontes Kontes Ayam Hias Ekor Lidi.

Kepala Desa Tambaagung Timur Kecamatan Ambunten Sumenep, sangat mendukung adanya kontes yang digelar di desanya.

Menurutnya, selain hobi, komunitas ini sengaja membuat kontes agar menghilangkan kebiasaan masyarakat yang mengadu ayam. Sebab, ayam bangkok punya sisi keindahan yang dapat diperlombakan.

“Kami berharap bisa mengubah kebiasaan masyarakat yang kerap menggunakan ayam untuk bertarung, maka bisa dialihkan pada keindahan ayam,” terang Kades Tambaagung Timur, Sahes, kepada detikzone.net.

Dalam konteks ini untuk penilaiannya beragam. Mulai dari kondisi paruh, kepala ayam, jengger, warna bulu dan tentu saja bentuk ekornya. Pemenang akan mendapatkan piagam dan juga sertifikat serta hadiah.

Sisi lain, keberadaan kontes ini juga bisa mendogkrak harga ayam lidi. Untuk ayam bangkok dengan usia 8 bulan saja, harga jualnya mencapai Rp 5 juta hingga 25 juta.

Tinggalkan Balasan