Tingkatkan Ekonomi Rakyat, BUMDes Raka Jaya Klampar Gunakan Potensi Desa

Pamekasan, Detikzone.net – Pemerintah Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memanfaatkan potensi daerahnya untuk mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Ketua BUMDes Raka Jaya, Abd. Rahman, bahwasanya BUMDes Raka Jaya Desa Klampar menaungi beberapa potensi desa, diantaranya Batik, Songkok bermerk At-Tamam serta kerajinan Tali Jali.

“Kita mengembangkan produk tali jali ini, yang nantinya berbentuk tas belanja bagi ibu-ibu,” kata Rahman.

Kemudian lanjut dia, BUMDes Raka Jaya Desa Klampar telah menyiapkan segala jenis batik sehingga konsumen leluasa memilih sesuai keinginannya.

“Para konsumen yang membeli batik di sini kita telah menyediakan lengkap dengan jaitannya, sekaligus menyediakan baju jadi, dan nantinya kita lengkapi dengan bordir,” lanjutnya.

Rahman juga menjelaskan tentang modal awal milik BUMDes Raka Jaya yang merupakan dari hasil patungan antar pengurus yang peduli terhadap BUMDes Raka Jaya. Nantinya hasil penjualan dari olahan BUMDes tersebut dikembangkan lagi dan dikembalikan ke BUMDes.

“Kami melayani segmen pasar melalui Online dan ofline, semua konsumen baik yang ada di Pamekasan maupun yang dari luar Pamekasan bisa terlayani melalui online,” tuturnya.

Sementara untuk meningkatkan penjualan Rahman memaparkan bahwa pihaknya telah menyiapkan promosi produk serta pelatihan.

“BUMDes juga akan melakukan pelatihan di Sentra Batik Klampar,” paparnya.

Ketua BUMDes Raka Jaya pun berharap dengan dukungan Pemerintah Desa dan Pemkab Pamekasan produk hasil BUMDes dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap BUMDes Raka Jaya lebih maju lagi dengan dukungan pemerintah Desa dan dukungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, sehingga mampu memberikan peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkas Rahman.

Tinggalkan Balasan