Tingkatkan Cara Baca Al-Qur’an, JQHNU Bawean Laksanakan Pembekalan

Gresik, Detikzone.net – Pengurus Cabang (PC) Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Bawean bersama Lembaga Pengembangan Pembinaan Pendidikan dan Pembelajaran Al-Qur’an (LP4Q) melaksanakan pembekalan pembelajaran cara baca Al-Qur’an dengan tepat atau ‘Tahsinul Qur’an’, yang dihadiri lebih dari seratus peserta dari berbagai delegasi se Bawean.

Kegiatan diisi langsung oleh KH Ahmad Dzulhilmi Ghazali, selaku pembina LP4Q pusat dan Rois Majlis Ilmi JQHNU Jatim, dan dihadiri ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Kiai Muhammad Fauzi. Sementara kegiatan dipusatkan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Kalimalang, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Sabtu (12/3/22).

“Acara ini untuk memperkuat dan memperdalam ilmu Tajwid dan Fashoha, terutama di bidang Makharijul Huruf serta pendalaman surat Al-Fatihah,” jelas KH Nashiruddin, Ketua PC JQHNU Bawean, (14/3).

Ia menjelaskan, masih banyak terjadi kemuskilan atau kejanggalan dari beberapa metode yang telah dipelajari oleh para peserta sebelumnya. Dan akhirnya sudah terjawab dalam pelatihan kali ini.

“Ada beberapa kemuskilan-kemuskilan dari berbagai macam metode dan akhirnya terjawab dalam pertemuan ini dan sangat memuaskan sekali,” tambahnya.

Lanjut Kiai Nashiruddin, sebelumnya, apa yang menjadi kejanggalan dan kemuskilan bagi peserta dari beberapa tutor, alhamdulillah sudah terjawab dengan bagus.

Ia juga mengatakan, pelatihan ini tidak menggunakan metode-metode yang baru dan asing, sebagaimana biasanya yang dipakai dalam tatacara baca Al-Qur’an, seperti ilmu Iklal, I’rob dan Nahwu. Tentu dalam penyampaiannya sangat memuaskan karena disampaikan oleh orang yang sangat berpengalaman yaitu Qori’ Nasional.

“Pelatihan ini mengupas soal-soal itu dengan ilmu Iklal dan I’rob serta ilmu Nahwu,” pungkas Kiai Nashiruddin, pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Kalimalang.

Tinggalkan Balasan