Wabup Gunung Mas Pimpin Rapat Forum Perangkat Daerah

  • Bagikan

Gumas , Detikzone.net- Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing didampingi Asisten II Setda Gumas Richard, Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia mengikuti Forum Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022.

Forum Perangkat Daerah ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha (pemangku kepentingan) yang langsung maupun tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan Perangkat Daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah serta untuk penyempurnaan rancangan awal kebijakan penyusunan Renja Perangkat Daerah, dimana tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh Bappedalitbang selaku leading sector,” ucap Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P. Umbing saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati di Aula Bappedalitbang, Kamis (10/2/2022).

Efrensia L.P.Umbing menambahkan, Forum ini cukup strategis karena akan membahas rancangan awal Renja Perangkat Daerah dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang RKPD di kecamatan sebagai bahan untuk menyempurnakan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah serta mempertemukan kelompok masyarakat sektoral/spasial dan Pemerintah serta seluruh anggota DPRD dari masing-masing dapil.

Pembahasan pada forum ini juga sekaligus melakukan identifikasi awal terhadap pokok-pokok Pikiran DPRD dari 25 Anggota Dewan yang sudah diinput pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah, sesuai dengan isu strategis dan permasalahan pada dokumen Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024

Dirinya berharap dalam perkembangan ke depan nantinya, baik desa maupun Perangkat Daerah dapat menetapkan prioritas-prioritas perencanaan pembangunan sesuai kewenangan masing-masing sehingga keluaran/output pada saat pembahasan Forum sudah merupakan prioritas perencanaan sesuai kewenangannya.

Integrasi Pendanaan Kabupaten yang berasal dari PAD, DTK, APBDes, dan BUMDes/Swasta merupakan suatu keharusan dalam rangka optimalisasi sumber-sumber pendanaan yang ada, Fokus Arah Pembangunan harus clear and clean.

Dirinya Pun meminta utamakan pembangunan yang dapat dilaksanakan, konkret dan dapat mendorong pertumbuhan, dengan memperhatikan urgensi serta efektifitas dan efisiensi.

Sementara Kepala Bappedalitbang Gumas Yantrio Aulia mengatakan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas, bertujuan mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dari hasil musrenbang tiap-tiap kecamatan dengan Rancangan Awal Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah (Renja) PD berdasarkan Pagu Indikatif Renja PD dan Pagu Dana Aspirasi DPRD.

“Kita menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam renja-perangkat Daerah Tahun 2023, menyesuaikan prioritas renja-pd dengan plafon/pagu dana Perangkat Daerah yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah (Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023), mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi Perangkat Daerah, terutama untuk mendukung terlaksananya renja-pd Tahun 2023,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan