Peringatan Hari Jadi Kampong (HJK) Desa Igobula Ke-528

Halut, Detikzone.net – Giat HJK ini berlangsung dengan Waktu yang telah ditentukan oleh panitia HJK selama 5 hari, mulai dari tanggal 10-14/03/2022

Habib Ribano salah satu tokoh menyampaikan kepada awak media detikzone.net, Kegiatan ini terinspirasi dari para orang tua dan sebagian besar anak muda, untuk mengulang kembali sejarah peradaban yang telah diletakkan oleh para tetuah kampung dulu.

Acara ini dilakukan kali kedua, pertama dilaksanakan di tahun 2021 HJK ke-527, dan HJK ke-528 di tahun ini adalah kali kedua. Karena merilis sejarah dari perjalanan Boki Bobola sampai di kampung ini pada tahun 1494.

Foto: Habib Ribano

Pada rangkaian acara Habib Ribano juga merincikan rangkaian kegiatan yg di mulai dari pembukaan yaitu, jiarah kubur dari panitia dan seluruh elemen masyarakat setelah itu secara resmi membersihkan seluruh kuburan yang ada di desa igobula, kemudian di malam harinya kita melakukan Tahlilan Massal di Masjid Tua dan dilanjutkan pawai obor.

Pada tanggal 11/03/2022 nanti akan ada rangkaian kegiatan pentas seni budaya dan agama kurang lebih 4 malam.

Habib Ribano, Pada tanggal 14/03/202 kami kedatangan 2 Sultan yang ada di Maluku utara yakni Sultan Tidore Husain Alting Sjah dan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah., Panitia akan menjemput di pelabuhan sofifi pada pagi hari, kemudian mereka masuk di Halmahera Utara khususnya di kecamatan galela diprediksikan pukul 12.00 WIT.

Dan ada agenda penjemputan dari seluruh masyarakat desa Igobula, dimulai dari Tona malang desa mamuya, sesuai dengan sejarah, sejarah yang di rilis oleh Kawan-kawan dari budayawan Kesultanan Ternate.
Kedua Sultan Akan bergeser dari Tona Malang menuju Desa Igobula bersama seluruh Masyarakat.

Mereka akan turun di Balai Desa Igobula setelah itu kita akan giring secara adat masuk ke arena acara dengan mengiringi aktivitas adat yang akan dilakukan penjemputan dengan Tarian Moro-moro dan dihibur dengan Tarian Panah dan Soya-soya.
Kami akan tutup dengan Statement budaya yang akan dilakukan oleh Kedua Sultan.

Selain itu Panitia juga mengkonfirmasi kesediaan Bupati Halmahera Utara untuk menyampaikan Sambutan selamat datang kepada kedua Sultan.
Di sore hari kami akan persembahkan Tarian Tokuwela.

Selanjutnya Seluruh rangkaian ditutup dengan kegiatan puncak peringatan isra mi’raj pada malam hari, dan akan di sampaikan ceramah umum oleh Dr. Syahrir Ibnu, M.Si dan akan di hadiri juga ananda Izza Qurrata’ain dan akan membacakan Tilawah Qur’an.

Tinggalkan Balasan